Ditulis oleh 7:47 am KALAM

Menjadi Manusia yang Adil

Pada masa lampau, sejarah bangsa-bangsa atau kerajaan-kerajaan yang terkenal maju dan masyhur, karena di pimpin oleh seorang pemimpin atau Raja yang adil dan bijaksana. Masyarakatnya berkehidupan cukup baik cukup pangan, sandang, maupun papan, bahkan hidup bermartabat sehingga disegani oleh bangsa-bangsa lain.

Assalamu’alaikum wr wb.

Setiap manusia mendambakan keselamatan hidup, baik di dunia maupun di akherat. Setiap manusia juga mendambakan suasana kehidupan yang adil. Karena, pada hakekatnya setiap orang ingin diperlakukan adil. Tidak ada seorangpun yang ingin diperlakukan tidak adil. Orang yang adil akan disenangi dan disegani, baik oleh kawan maupun lawan.

Para pendiri bangsa juga telah menetapkan tujuan bernegara yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang adil dan Makmur. Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup dalam berbangsa dan bernegara, pun meletakkan aspek ‘Kemanusiaan yang adil dan beradab’ pada sila ke dua, setelah sila pertama ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’.

Sangat jelas mimpi dan cita-cita luhur para pendiri bangsa kita ini adalah terwujudnya Manusia Indonesia yang Adil dan Beradab. Dengan adanya keadilan dan keadaban, maka manusia Indonesia akan memperoleh hidup dan berkehidupan yang adil, makmur, dan sejahtera. Jadi, salah satu kata kunci pentingnya mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia di sini adalah Adil.

Pada masa lampau, sejarah bangsa-bangsa atau kerajaan-kerajaan yang terkenal maju dan masyhur, karena di pimpin oleh seorang pemimpin atau Raja yang adil dan bijaksana. Masyarakatnya berkehidupan cukup baik cukup pangan, sandang, maupun papan, bahkan hidup bermartabat sehingga disegani oleh bangsa-bangsa lain.

Allah SWT berfirman dalam surat Almaa’idah ayat 8, 

“Alla ta’diluu, ’adiluu huwa aqrobulit-taqwa, wattaqullah innallaaha khobiru bimaa ta’maluun” yang artinya  ”Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada taqwa. Dan bertaqwalah kepada Allah, sungguh, Allah Maha teliti atas apa yang kamu kerjakan”

Demikian juga dalam surat Alhujuraat ayat 9, “Bainahumaa bil’adli wa aqsithu, innallaha yuhibbul muqsidiin” yang artinya ”…dan hendaklah kamu berlaku adil. Sungguh Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil”

”…dan hendaklah kamu berlaku adil. Sungguh Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil”

Karena ini perintah Allah, maka sudah menjadi tugas kita semua untuk menegakkan keadilan dan menghancurkan kezaliman dalam berbagai bentuknya dalam kehidupan ini, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, tetangga, masyarakat, maupun kehidupan berbangsa dan bernegara

Dengan berlaku Adil, baik kepada orang yang kita suka, maupun kepada orang yang kita benci, akan menghantarkan hidup kita selamat, baik di dunia maupun di akherat.

Rasullullah SAW pernah bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Thabrani dari Anas RA :

”Ada tiga perkara yang dapat menyelamatkan kalian yaitu :

1. takut kepada Allah, baik pada waktu sembunyi (sepi) maupun terang-terangan;

2. berlaku adil, baik pada waktu rela maupun marah; dan

3. hidup sederhana baik waktu miskin maupun kaya”

Kalau kita ingin selamat baik hidup di dunia maupun di akherat kelak, maka takutlah kepada Allah, berlakulah adil dan hiduplah sederhana. 

Dengan menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, semoga kita sukses membentuk pribadi dan kepribadian yang adil. Puasa selama satu bulan penuh akan mendidik diri kita untuk menjadi Manusia yang Adil. Adil kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat maupun dengan sesama manusia, serta adil dalam memperlakukan lingkungan hidup kita. Karena lingkungan kita, baik yang hidup (binatang dan tumbuh-tumbuhan) maupun yang tidak hidup pun, punya hak untuk di hargai dan diperlakukan adil, sebagai sesama makluk ciptaan Nya.

Sifat adil adalah dekat dengan taqwa, dan taqwa adalah tujuan mengapa orang beriman diperintahkan Allah SWT, wajib berpuasa.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (Al Baqarah, ayat 183)

Wassalamu’alaikum wr wb

(Visited 207 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 13 Mei 2020
Close