Ditulis oleh 2:49 am KABAR

Menjadi Manusia Yang Bermanfaat

Majelis Taklim Nusaibah kembali menyelenggarakan pengajian rutin tiap Kamis sore. Minggu ini menghadirkan Ustad Basuki Abdurrahman yang menyampaikan pengajian dengan tema Hidup Berlimpah Berkah, Kamis, 2 Januari 2020 di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan, Perumahan Timoho Asri IV, Muja Muju Yogyakarta.

Ustad Basuki AR, begitu beliau sering disapa menyampaikan hidup yang diberikan kepada kita harus dapat memberikan kemanfaatan. Jalan untuk mencapai hidup yang barokah berkah adalah dengan bermanfaat. Oleh karena itu sudahkah hidup kita bermanfaat ?

Ada lima tipe manusia menurut Ustad Basuki AR, yakni tipe wajib, tipe sunah, tipe mubah, tipe makruh dan tipe haram. Ciri-ciri manusia tipe wajib, ketika hadir memberi manfaat dan ketika ia tidak hadir akan dicari. “Ini tipe yang paling baik, kita harus berusaha menjadi manusia dengan tipe wajib, bisakah kita menjadi orang seperti ini?,” tanya Ustad Basuki AR.

Tipe manusia kedua adalah tipe sunah, jika hadir ia akan memberikan manfaat, jika tidak ada tidak dicari. Sedangkan tipe manusia mubah, kehadirannya tidak memberi efek. Sehingga hadir atau tidaknya ia, tidak memberikan pengaruh apa pun. Tipe manusia makhruh, yakni orang yang kehadirannya malah bikin masalah, Jika tidak hadir tidak dicari.

“Terakhir tipe manusia haram, orang yang kehadirannya bikin masalah, dan ketidakhadirannya disyukuri,” jelas Ustad Basuki AR.

Ustad Basuki AR juga berpesan agar kita terus menuju Allah dengan lari cepat, jika tidak bisa dengan lari pelan, jika tidak bisa dengan berjalan, jika tidak bisa dengan merangkak. “Terus usahakan untuk maju, jika tidak bisa maka jangan berbalik (berbuat dosa, maksiat),” tandasnya.

(Visited 67 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 3 Februari 2020
Close