23.1 C
Yogyakarta
23 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
PENDIDIKAN

Menyambung Hidup dengan Memanfaatkan Lahan Sempit

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk mengakibatkan semakin banyaknya pembangunan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seperti pembangunan tempat tinggal, sekolah, perkantoran dan pabrik industri, pembangunan tersebut menyebabkan berkurangnya lahan pertanian.

Namun di sisi lain meningkatnya jumlah penduduk meningkat juga kebutuhan pangan manusia. Akan tetapi di setiap permasalahan pasti ada solusinya. Bisa dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah walau sempit. Atau jika tidak memiliki lahan pekarangan sama sekali, bisa memanfaatkan bidang berbentuk vertikal dan memanfaatkan rooftop.

Pekarangan yang sempit pun bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Dapat menerapkan teknik hidroponik, polybag dan vertikultur. Sistem hidroponik dengan pipa paralon bisa dilakukan di lahan sempit ataupun bisa dengan sistem hidroponik sederhana dengan memanfaatkan botol plastik bekas. Sistem aquaponik juga bisa dilakukan selain budidaya ikan juga budidaya sayuran. Sistem polybag juga bisa di lahan sempit karena tidak memerlukan lahan luas dan juga hemat biaya.

Walaupun lahan sempit namun tetap bisa menanam banyak dengan menggunakan teknik rak. Di pekarangan juga bisa teknik vertikultur dengan memanfaatkan pipa paralon bekas. Menerapkan teknik vertikultur juga bisa dilakukan di bidang yang berbentuk vertikal seperti dinding tembok. Tanaman ditanam di botol plastik bekas lalu digantungkan di tembok.

Samasekali tidak memiliki pekarangan rumah namun memiliki rooftop, rooftop juga dapat dijadikan alternatif sebagai lahan bertanam. Bisa juga menggunakan sistem hidroponik, vertikultur atau polybag. Namun diusahakan menanam tanaman yang berukuran kecil, karena jika yang berukuran besar rooftop tidak dapat menahan beban yang berat.

Pemanfaatan Lahan Sempit

Dengan cara-cara di atas dapat meminimalisir kebutuhan pangan rumah tangga. Jika hasil lebih banyak bisa juga dijual. Hasil penjualan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Tidak ada alasan tidak memiliki lahan luas maka tidak bercocok tanam, karena di lahan sesempit apapun bisa dilakukan.

Memiliki lahan sempit bukanlah halangan untuk bercocok tanam. Justru lahan yang sempit bisa menjadi tantangan tersendiri. Pemilihan tanaman yang tepat dan tata letak menjadi hal yang penting bertanam di lahan sempit. Bercocok tanam di lahan sempit lebih mudah dipantau walau hasil tidak banyak.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA