Ditulis oleh 10:42 am PENDIDIKAN

Merajut Kebangsaan Lewat Spirit Pancasila

Dari sudut nyata, kita tidak mampu membangunkan kultur kepribadian kita dengan sebaik-baiknya jikalau tidak ada rasa kebangsaan yang sehat.

Kendati belum sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila, tetapi harus diakui bahwa karena Pancasila sebagai landasan, eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara bisa bertahan. “Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,”

Kita Indonesia, bangsa yang berpancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, damai dan sejahtera. Semua pihak harus meletakkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan. Untuk itu, menjadi tugas seluruh elemen, terutama mereka yang berkecimpung dalam pembinaan generasi bangsa. Semua harus bangkit mendorong kembali spirit generasi muda pancasilais, dengan menata kembali sistem pengajaran mengedepankan akhlak. Dengan demikian, nilai-nilai Pancasila terus terjaga dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama pada generasi muda kita. Sehingga mereka tidak dengan mudah terprovokasi dan terbeli dengan lembaran uang dengan menjadi perusuh bayaran.

Memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai Pancasila, bunyi sila-sila dan lambang Pancasila ini sudah seharusnya terimplementasi, mengakar, dan meradikal dalam diri setiap individu yang menggerakkan sendi-sendi kehidupan sosial generasi Pancasila sehingga tidak terjadi kejahatan sosial, dan penghinaan terhadap ideologi Pancasila.

Kita sebarkan pesan cinta NKRI dan kebangsaan agar Indonesia kembali menjadi negara yang senantiasa damai dan terus mampu menjaga Kebhinekaan. Agar Pancasila dapat benar-benar dirasakan oleh rakyat, sebagai sesuatu yang amat bermakna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis, adil, sejahtera dan bebas dari segala bentuk praktek manipulasi. Semoga dengan ini dapat kita temukan kembali spirit yang lama menghilang.

Memperingati Hari Pancasila bukan sekedar seremonial saja, karena hari lahir Pancasila merupakan satu-satunya ideologi dan dasar negara yang hanya dimiliki oleh Indonesia di dunia ini. Teruskan cita-cita luhur pendiri bangsa, jangan sampai pancasila hanya menjadi legenda semata. Mari cintai Pancasila dengan menerapkan perilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan, musyawarah, persamaan derajat, dan saling tolong menolong (gotong royong).

Dari sudut nyata, kita tidak mampu membangunkan kultur kepribadian kita dengan sebaik-baiknya jikalau tidak ada rasa kebangsaan yang sehat. Semangat Pancasila adalah semangat persatuan dan kesatuan yangg diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan Kemanusiaan yangg adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Beda agama, beda bahasa, beda warna kulit, tapi satu dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila.

Pancasila tak hanya dijadikan untuk sebuah hafalan semata , namun amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada pada Pancasila. Mari kita kembali tanamkan di dalam hati juga jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang berideologi Pancasila. Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, untuk Indonesia yang lebih baik. Jangan hanya hafal Pancasila, terapkan juga nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

(Visited 77 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 2 Juni 2020
Close