Mungkinkah Hari Kebangkitan Nasional, Menjadi Momentum Langkah Bersama Mengakhiri Wabah Covid-19?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

20 Mei tahun ini (2020), mungkin menjadi Hari Peringatan yang paling berbeda, karena berada dalam situasi di mana Indonesia berada dalam serangan wabah Covid-19. Dari segi peringatan, pasti akan mengalami perubahan, karena model peringatan dengan kerumunan akan dihindari, sebagaimana yang telah terjadi pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei yang lalu. Namun soal kita tentu bukan perkara upacara peringatannya, melainkan pada subtansi atau makna yang terkandung dalam momentum tersebut.

Pertanyaan kita adalah mengapa pada tahun ini, wabah berada dalam momentum peringatan Hari kebangkitan Nasional. Apakah ada maksud dengan peristiwa tersebut? Bagaimana cara kita memahami keadaan tersebut? Apakah 20 Mei, akan dibiarkan berlalu seperti hari lain tanpa makna apa-apa? Ataukah kita menggunakannya sebagai momentum bagi Kebangkitan Nasional menghadapi wabah Covid-19?

Sebagaimana diketahui bahwa Hari Kebangkitan Nasional, merupakan peringatan atas peristiwa munculnya benih kesadaran nasional, kesadaran sebagai “orang Indonesia”. Tentu pada waktu itu, peristiwa kesadaran nasional merupakan peristiwa yang sangat penting, karena dengan itulah dimungkinkan munculnya gerakan yang berujung pada kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Bagaimana dengan keadaan sekarang? Apakah telah muncul suatu kesadaran nasional bahkan wabah sungguh-sungguh dan demikian itulah nyatanya, bahwa wabah telah dan sedang menyerang keselamatan bangsa? Apakah langkah berdiam di rumah telah disadari sebagai suatu bentuk kesadaran nasional? Apakah seluruh tindakan mematuhi protokol kesehatan merupakan bagian dari kesadaran nasional tersebut? Yakni kesadaran bahwa hanya dengan itu, bangsa akan lebih cepat terbebas dari wabah?

Untuk itu, arbaswedan.id, akan menjadikan tantangan ini sebagai tema utama pada 20 Mei. Aspek yang dibahas sangat terbuka, misalnya melalui pendekatan pendidikan, ekonomi, sosial budaya, hukum dan bidang lainnya. Dengan harapan akan lahir pikiran-pikiran baru, yang mewakili semangat baru dan kesadaran nasional, yang pada nantinya diharapkan dapat ikut membangkitkan kesadaran nasional yang memberi fondasi kokoh bagi upaya bersama yang akan mempercepat berakhirnya wabah Covid-19.

Redaksi arbaswedan.id

Redaksi arbaswedan.id