New Normal sebagai Gaya Hidup Baru

9.6.3. New Normal - Jimmy
Bukan hanya gaya hidup yang diubah namun juga pola pikir serta pola hidup dari masyarakat Indonesia.

Sudah lebih dari 3 bulan dunia digembarkan oleh virus Covid-19. Virus ini bukan hanya virus baru tetapi juga virus yang mematikan. Virus baru ini menyebar dengan sangat cepat, melalui benda-benda, percikan batuk, bersentuhan dengan orang yang terinfeksi. Orang yang terinfeksi virus ini memiliki gejala batuk tak kunjung sembuh, panas lebih dari 37°C, tenggorokan terasa sakit hingga tak dapat mengeluarkan suara, dada terasa sakit untuk bernafas.

Para ilmuwan beranggapan bahwa virus ini berbeda dengan penyakit lainnya. Oleh karena itu, seluruh warga di dunia sangat ditekankan untuk mengikuti protokol yang telah disiapkan oleh WHO (World Health Organization). Dengan adanya protokol kesehatan ini diharapkan virus ini dapat dicegah dan dibunuh rantai penyebarannya.

Ada beberapa negara yang sudah berhasil memutus mata rantai penyebaran virus ini. Sehingga, protokol kesehatan pun mulai dilonggarkan. Negara Indonesia pun demikian, dengan menerapkan ‘New Normal’ atau ‘Normal baru’ diharapkan dapat memperbaiki perekonomian Indonesia.

Apa ‘New Normal’ atau ‘Normal Baru’ itu? Normal baru atau new normal merupakan pembiasaan diri dengan hidup bersama virus corona. Hidup dengan virus berarti tetap menerapkan protokol kesehatan namun sudah tidak menggunakan lockdown ataupun PSBB. Pemerintah berharap dengan adanya new normal atau normal baru dapat membantu perekonomian Indonesia secara bertahap dan segera membaik. Tindakan ini diambil karena adanya kebutuhan yang semakin tinggi dan keuangan yang semakin menipis. Sehingga, masyarakat merasa resah apabila virus ini tak kunjung usai. Penerapan new normal atau normal baru menjadi hal yang sangat baru bagi masyarakat Indonesia, dengan warganya yang kurang paham tentang protokol kesehatan serta bahayanya virus ini, maka akan sangat sulit untuk menerapkan new normal atau normal baru dengan baik.

New normal atau normal baru dapat diterapkan dengan baik apabila tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar, sehingga perekonomian berjalan dan virus dapat dihindari. Hidup dengan virus ini merupakan tantangan baru bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya masyarakatnya namun juga pemerintahnya. Tantangan bagaimana dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik sehingga perekonomian tetap berjalan. Di sisi lain, pemerintah terus berupaya membantu agar perekonomian tidak jatuh dan tetap dapat beraktivitas dengan menerapkan new normal, sehingga peran aktif masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan sangat penting dan sangat diperlukan.

Jika ini ditetapkan maka akan menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat Indonesia, dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, selalu bersih, maka virus tidak mendekat. Gaya hidup baru ini digunakan di seluruh dunia, sehingga tantangan bagi masyarakat Indonesia sangat besar.

Bukan hanya gaya hidup yang diubah namun juga pola pikir serta pola hidup dari masyarakat Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara dengan masyarakat yang sangat ramah, tantangan baru bagi masyarakat jika harus mengganti bersalaman dengan hanya menyapa. Maka pembiasaan secara bertahap sangat diperlukan agar masyarakat juga mengerti dan memahami pentingnya protokol kesehatan dalam new normal atau normal baru.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Close