17.5 C
Yogyakarta
22 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
KABAR

New Normal sebagai Gaya Hidup Baru

Jika nantinya New Normal diberlakukan dan menjadi sebuah peraturan, maka beberapa aspek kehidupan manusia akan berubah dari kebiasaan sebelumnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, ini 5 fakta tentang New Normal.

1. Perilaku baru masyarakat.
Yang paling terasa jika New Normal diberlakukan ialah bakalan adanya kebiasaan baru di tengah masyarakat. Khususnya jika berada di tempat umum atau di luar rumah. Beberapa kebiasaan baru seperti menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan, serta diwajibkannya mengenakan masker.

2. Masyarakat lebih prioritaskan persoalan kesehatan dan kebersihan.
Selain kebiasaan baru di tempat umum, diberlakukannya New Normal juga membuat masyarakat semakin memberikan perhatian lebih terhadap kebersihan dan kesehatan. Hal-hal yang bakal menjadi prioritas masyarakat seperti menjaga pola makan sehat, mencuci tangan. Serta semakin meningkatnya kebiasaan olahraga di tengah masyarakat.

3. Perlunya persiapan fisik dan mental.
New Normal tidak hanya berdampak pada kebiasaan fisik seseorang, namun juga pada mental masyarakat. Pasalnya, jika masyarakat tidak menyiapkan mental menghadapi New Normal, maka tidak menutup kemungkinan akan meningkatnya persoalan baru terkait depresi di tengah masyarakat.

4. New Normal hanya bisa sukses jika dilakukan semua masyarakat.
Perlu adanya kesadaran kolektif untuk memberlakukan New Normal di Indonesia. Hal ini juga diungkapkan oleh Hario Megatsari. Jika New Normal tidak dilakukan bersama-sama, maka hal tersebut menjadi sia-sia.

5. Beberapa peraturan baru di dunia kerja.
New Normal juga akan berimbas pada peraturan baru di dunia kerja. Misalnya peraturan baru yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan bernomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA