Ditulis oleh 11:48 am COVID-19

Pahlawan Kesehatan

Dalam situasi seperti saat ini, amat dibutuhkan sikap untuk bersama-sama menemukan jalan keluar terbaik. Apa itu jalan keluar terbaik, yakni jalan yang membuat penyebaran wabah terkendali dan yang sakit dapat ditangani secara baik, sesuai dengan protokol yang ada.

Dalam duka yang teramat mendengar berita meninggalnya tenaga medis, dokter dan perawat. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Sebagai bangsa kita turut berbela sungkawa, berdoa semoga yang telah pergi, mendapatkan tempat mulia di sisi Allah SWT, dan yang ditinggalkan senantiasa mendapatkan kekuatan, ketabahan dan keikhlasan.

Sebagai bangsa, rasanya baik jika rasa duka menjadi titik pijak untuk suatu refleksi mendasar. Suatu refleksi jelas bukan evaluasi. Refleksi merupakan upaya untuk memahami masalah secara lebih utuh dan daripadanya dapat ditemukan pesan penting yang dapat menjadi pedoman langkah ke depan.

Dalam situasi seperti saat ini, amat dibutuhkan sikap untuk bersama-sama menemukan jalan keluar terbaik. Apa itu jalan keluar terbaik, yakni jalan yang membuat penyebaran wabah terkendali dan yang sakit dapat ditangani secara baik, sesuai dengan protokol yang ada. Segala rasa cemas, kecewa atau bahkan marah, hendaklah dapat diubah menjadi semangat bersama mengatasi masalah dengan kebersamaan.

Para tenaga medis telah memberikan teladan yang dibutuhkan. Ketika mereka pergi menangani pasien, maka tindakan tersebut seperti langkah pejuang yang pergi ke medan pertempuran. Mereka sadar sepenuhnya apa yang akan terjadi. Mereka sadar resiko yang tersaji didepannya. Mereka sadar dan dengan kesadaran itulah langkah teguh diayunkan. Demi menyelamatkan yang sakit. Karena kesembuhan yang sakit akan menjadi energi yang memompa optimisme.

Kesadaran dan kesetiaan tenaga medis pada kerja pengabdiannya, tentu harus dilindungi. Secara logis seharusnya ada mekanisme yang membuat langkah teguh tenaga medis, tidak berubah menjadi masalah baru. Artinya, harus ada perlindungan yang meyakinkan, sehingga keselamatan mereka terjamin. Hal ini sangat penting. Karena jaminan keselamatan tenaga medis, akan menjadi tambahan spirit bagi mereka.

Jaminan keselamatan, bukan saja membuat nyaman kerja, tetapi juga merupakan bentuk apresiasi, sehingga mereka bekerja dengan penuh kebanggaan. Bukan hanya bangga dengan kerja profesi, tetapi kebanggaan telah mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa, dan bagi kemanusiaan. Kebanggaan yang terakhir merupakan hal yang juga akan membentuk ekosistem pengabdian yang lebih luas. Dengan ekosistem tersebut, tidak akan ada kejadian dimana tenaga medis ditolak kehadiran ketika kembali ke kamar kos, atau kampung halaman.

Apa yang hendak dikatakan bahwa jaminan keselamatan bagi tenaga medis, tidak saja dalam pengertian medis, melainkan juga harus dalam pengertian sosio-kultural. Yakni sikap memberi apreasiasi dari masyarakat luas. Suatu sikap yang datang dari pengetahuan dan kesadaran, bahwa tenaga medis, adalah pejuang kesehatan, atau mereka yang langsung berhadapan dengan para pasien. Kesadaran warga, dengan begitu tidak sekedar memberi tempat pada para tenaga medis dengan seluruh penghargaan, tetapi juga memastikan untuk mengurangi secara drastis korban.

Pada titik inilah hendak dikatakan bahwa penghargaan tertinggi warga kepada tenaga medis dalam situasi wabah adalah secara melakukan pengendalian penyebaran wabah. Pengendalian penyebaran wabah berarti mengendalikan jumlah yang terpapar. Artinya dalam pengendalian penyebaran, warga sesungguhnya ada di garis depan dan para pejuang medis ada di garis belakang. Sedangkan dalam upaya membantu korban mencapai kesembuhan, para pejuang kesehatan adalah mereka yang ada di garis depan.

Dengan pemahaman inilah kita ingin memastikan bahwa pengorbanan para pejuang kesehatan yang telah berpulang, bukanlah pengorbanan yang sia-sia, tetapi suatu pengorbanan yang menjadi rabuk utama suburnya kesadaran warga untuk bergotong royong mengendalikan penyebaran wabah. Semoga segala usaha warga membuahkan hasil dalam wujud hilangnya wabah dari muka bumi. Mungkin inilah cara terbaik untuk menghargai pengorbanan para pahlawan kesehatan.

(t.red)

(Visited 122 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 2 April 2020
Close