24.1 C
Yogyakarta
16 September 2021
BENTARA HIKMAH
COVID-19

Pandemi Covid-19 dan Kebangkitan Kesadaran Kita Bersama

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional di tengah pandemi Covid-19 rasanya terlalu sederhana jika hanya sekedar ritual tahunan nasional yang seremonial belaka. Momentum hari ini harus dimaknai sebagai kebangkitan kesadaran kita bersama sebagai warga bangsa Indonesia yang memikul beban tanggung jawab untuk bersama-sama saling bahu membahu bergotong royong menangani musibah pandemi Covid-19.

Tidak sedikit duka yang menyelimuti bangsa Indonesia akibat dari Covid-19. Setiap hari selalu bertambah korban baik yang positif maupun yang meninggal dunia. Di samping itu, dampak langsung maupun tidak langsung dari pandemi Covid-19 ini juga berimbas ke sektor ekonomi dan keuangan. Dunia usaha terhenti, seolah ‘mati suri’. Pemutusan hubungan kerja (PHK) terjadi dimana-mana, jumlah pengangguran terus bertambah, sehingga beban negara menjadi bertambah berat.

Kondisi seperti ini tidaklah mungkin mampu ditanggung sendiri oleh pemerintah (pusat maupun pemerintah daerah). Tugas negara sebagaimana ditegaskan dalam tujuan negara antara lain melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Akan tetapi, tugas negara yang sangat mulia tersebut tentulah sangat berat, untuk itu, kerjasama semua elemen bangsa sangat diperlukan.

Inilah saat yang tepat untuk menggalang soliditas dan solidaritas warga bangsa untuk bersama-sama menyatukan tekat memberantas dan menuntaskan pandemi Covid-19 supaya segera selesai dari bumi Indonesia. Ikuti anjuran pemerintah, menahan diri untuk tetap di rumah, jauhi perdebatan yang tidak perlu, donasikan atau wakafkan harta, tenaga, dan pikiran kita untuk membantu sesama. Teruslah bermunajat berserah diri menghadapi ujian dari Allah swt dengan ikhlas dan sabar. Semoga berkah ramadhan selalu menyertai kita. Aamiin. YRA

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA