Pandemi Mengubah Tatanan Masyarakat

9.6.11. Pandemi - Sigit
…dampak new normal di Indonesia akan tergantung dari masing-masing individu yang menyikapi dan menjalaninya.

Pandemi virus Corona atau Covid-19 telah mengubah tatanan masyarakat di negara kita. Guna mencegah penularan wabah virus corona yang meluas dan semakin melonjaknya korban jiwa akibat pandemi virus ini, masyarakat dihimbau bahkan dipaksa untuk tinggal di rumah. Terkecuali, memang bagi mereka yang harus keluar dan kegiatannya tidak bisa dilakukan dari rumah.

Perubahan tersebut tentu juga berdampak luas di banyak sektor yang terjadi saat ini. Seperti berubahnya aktivitas masyarakat  yang membuat dunia usaha sepi, seperti bidang pariwisata, transportasi online, dan masih banyak lagi.

Berjalannya waktu, tinggal di rumah dinilai tidak bisa selamanya diterapkan untuk menjaga keseimbangan perekonomian. Di sinilah pemerintah akan menerapkan pola hidup baru atau new normal, agar ekonomi bisa berjalan dan kesehatan publik pun juga harus tetap terjaga.

New Normal sendiri adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Protokol keselamatan seperti menjaga jarak, selalu mencuci tangan, menggunakan masker,menghindari tempat keramaian tak boleh ditinggalkan meski kita akan dihadirkan kembali pada kehidupan normal seperti sebelumnya.

Keadaan seperti ini harus dipahami bersama-sama oleh masyarakat bahwa Indonesia harus bisa berdaptasi dengan keadaan yang baru. Di mana ada beberapa hal baru yang harus ditegakkan agar tingkat penyebaran virus ini bisa berkurang.

Pandemi ini dapat berujung pada kondisi di bawah normal yang dinormalkan. Atau bisa juga kondisi di atas normal yang dinormalkan. Di masa pandemi, tidak semua New Normal tetap bertahan secara permanen. Sebagian juga akan kembali ke arah normal seperti sebelum pandemi. Maka dari itu, dampak new normal di Indonesia akan tergantung dari masing-masing individu yang menyikapi dan menjalaninya. Kita semua hanya bisa berdoa saja semoga pandemi Covid-19 segera berakhir, diberikan kesehatan dan Lindungan dari Nya. Sehingga kita semua bisa kembali ke kehidupan normal yang lebih baik. Amiin Yarobbal’alamiin.

(Visited 123 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020