Ditulis oleh 1:59 am KABAR

Panel Forum Sebagai Awal.

Panel Forum yang diselenggarakan di Kampus Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY, pada 9 Desember 2018, menampilkan narasumber: Lukman Hakiem, Dr. Sardiman AM., M.Pd, Fatiyah, S.Hum., MA, Fahmi Muqoddas, Drs. Untung Sukaryadi, MM, dr. Samhari, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd dan Anies Baswedan

Kabar tentang akan terbitnya keputusan pemerintah (keputusan presiden) yang memberi gelar pahlawan nasional bagi AR Baswedan, telah memunculkan inisiatif untuk mengadakan suatu forum pembelajaran, suatu forum diskusi reflektif, dengan maksud berkenalan lebih dekat dengan sosok AR Baswedan. Tentu perkenalan di sini tidak sekedar mengenal kehidupan pribadi, lebih dari itu, berkenalan dengan ide, perjalanan ide dan bagaimana ide bersatu dengan ragam ide lain, yang kelak memberi fondasi pada kemerdekaan bangsa, pembentukan negara dan proses menjadi Indonesia.

Pahlawan nasional adalah gelar formal negara yang diberikan kepada seseorang atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara. Gelar itu sendiri telah memberikan kesaksian tentang kiprah diri seseorang. Gelar tersebut sekaligus menjadi pengakuan atau tanda tentang seluruh kehadiran pribadi didalam peta besar perjalanan bangsa mencapai cita-cita mulianya. Oleh sebab itulah, momen pemberian gelar disambut dengan cara yang berbeda, yakni suatu cara yang ujungnya berupa upaya menemukan kembali dan mengembangkan nilai-nilai kepahlawanan, agar tidak berhenti menjadi prasasti, melainkan tetap hidup untuk ikut menggerakkan semangat baru perjuangan bangsa menuntaskan perjalanan sucinya.

Panel Forum yang diselenggarakan di Kampus Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY, pada 9 Desember 2018, menampilkan narasumber: Lukman Hakiem, Dr. Sardiman AM., M.Pd, Fatiyah, S.Hum., MA, Fahmi Muqoddas, Drs. Untung Sukaryadi, MM, dr. Samhari, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd dan Anies Baswedan. Hadir pula dan menyampaikan sambutan Prof. Dr. Hj. Aliyah Rasyid Baswedan, M.Pd. Dari berbagai pandangan narasumber maupun dari peserta, muncul pemikiran tentang perlunya upaya lanjut, berupa langkah mengembangkan pikiran-pikiran AR Baswedan, baik yang terekam dalam teks maupun dalam peristiwa, khususnya di bidang pendidikan. Ide tersebut, kelak menjadi salah satu titik penting lahirnya pemikiran-pemikiran lanjut, yang menjadi landasan bagi pendirian Yayasan AR Baswedan.

Sumber:
Presiden Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional Kepada 6 Tokoh Bangsa (Setkab.go.id)
Kaset Rekaman Pahlawan dari Jogja AR. Baswedan Bakal Didigitalisasi (Harianjogja.com)

Anies Baswedan : Keunikan Indonesia Itu Pada Persatuannya (Jogjainside.com)
Pilihan Kerakyatan A.R. Baswedan (1908-1986) (Telusur.co.id)
Rekaman Wawancara AR Baswedan Akan Diabadikan Dalam Bentuk Digital (Kumparan.com)
Anies Ungkap Hal yang Buat Indonesia Unik (Viva.co.id)
Anies Ceritakan Kakeknya yang Unik ketika Mengetik (Bernas.id)

(Visited 56 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 24 Februari 2020
Close