Ditulis oleh 11:26 am COVID-19

Pembelajaran Bermakna Ganda Dari Pendemi Covid-19

Dengan pandemi Covid-19 kita memperoleh banyak ilmu dan keterampilan hidup baru.

Oleh: Drs. Sarwan, M.Pd

Dengan Virus Corona yang melanda negeri kita bahkan dunia merupakan salah satu bentuk ujian, cobaan, dan atau gangguan yang harus kita hadapi dan kita seluruh warga harus siap melawannya agar Covid-19 segera musnah dari negeri tercinta Republik Indonesia.

Berbicara Covid-19 ini jangan kita menganggap remeh, apa lagi kita menyepelekannya. Banyak pembelajaran yang bisa kita petik dengan musibah tersebut. Adapun pembelajaran bermakna ganda dari Pandemi Covid-19 adalah:

  1. Di rumah saja, mengisyaratkan kepada kita untuk merenung, instropeksi, mohon ampun, kumpul bersama keluarga lebih banyak, berkomunikasi dan berkonsultasi lebih banyak diantara anggota keluarga, serta saling memahami dan kedekatan sesama anggota
    keluarga.
  2. Sering mencuci tangan, memberikan ajaran pola hidup bersih dan sehat kepada setiap insan, dan bila ini menjadi pembiasaan alangkah bagusnya kelak setiap orang memiliki prinsip hidup sehat sejak dini tertanam dengan baik dan benar.
  3. Pakailah Masker, juga luar biasa manfaatnya sehingga kita tidak mudah menularkan atau tertular bakteri, virus, atau semacamnya dari dan ke orang lain yang berdekatan dan bersinggungan langsung dengan kita.
  4. Olahraga yang cukup, ini pembelajaran yang besar manfaatnya karena pembentukan warga masyarakat yang sehat, bugar, fresh, dan enjoy karena olahraga ini telah menjadi kebutuhan hidup masyarakat. Kata lain memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.
  5. Minum air putih yang banyak, hal ini mengingatkan kepada kita bahwa sepertiga dari anggota tubuh kita terdiri dari cairan. Jika kita kekurangan air bisa dehidrasi pada tubuh sehingga mudah sakit.
  6. Makan makanan yang cukup dan bergizi, ini yang diharapkan oleh setiap orang dan juga pemerintah kita menuju masyarakat yang sehat dan siap membangun bangsa tercinta menuju keadilan dan kemakmuran.

Jadi dengan pandemi Covid-19 kita memperoleh banyak ilmu dan keterampilan hidup jangan hanya melihat sisi buruk atau kurangnya.

Mari kita sebagai warga masyarakat turut aktif mendukung dan mensukseskan program dan target pemerintah agar penyebaran virus terputus. Kita ingin segera beraktivitas yang normal agar roda kehidupan, perekonomian, dan kegiatan masyarakat lancar dan nyaman, tenang, dan kondusif.

Kejadian demi kejadian yang kita alami ini kita dapat memetik hikmah di balik musibah seperti Virus Corona ini. Dan kelak setelah ini kita mampu menerapkan pola dan prinsip hidup sehat
yang diawali dari keluarga-keluarga, terus merambah ke masyarakat luas, dan pada saatnya seluruh bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sehat dan sejahtera.

(Visited 704 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 5 Mei 2020
Close