Pemerintah Terbitkan Perppu Hadapi Covid-19

perpu no. 1
Situasi Covid-19 memaksa dilakukannya langkah-langkah yang extra ordinary, karena kita menghadapi kondisi yang diluar kebiasaan.

Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (PERPPU) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.

Perppu ini dikeluarkan dalam rangka untuk merespon kondisi penyebaran Covid-19 yang telah menjadi krisis kesehatan dan krisis kemanusiaan, bahkan berpotensi menciptakan krisis ekonomi maupun krisis keuangan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dalam rilis Kementerian Keuangan, mengatakan situasi Covid-19 saat ini memaksa dilakukannya langkah-langkah yang extra ordinary, luar biasa, karena kita menghadapi kondisi yang diluar kebiasaan. “Disinilah Perppu dijadikan sebagai landasan hukum untuk merespon di dalam rangka melaksanakan langkah-langkah penyelamatan kesehatan dan keselamatan masyarakat, membantu masyarakat yang terdampak dan membantu dunia usaha serta sektor ekonomi serta diharapkan tetap menjaga stabilitas sektor keuangan,” jelas Menkeu.

Hal tersebut disampaikannya saat mewakili pemerintah dalam penyerahan dan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) mengenai Perppu tersebut yang akan diundangkan menjadi Undang-Undang Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung Nusantara 3 lantai 2 DPR pada Kamis (02/04).

Salah satu hal yang penting dalam Perppu ini adalah Pasal 2 ayat (1) yang berbunyi: Dalam rangka pelaksanaan kebijakan keuangan Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (4), Pemerintah berwenang untuk:
a. menetapkan batasan defisit anggaran, dengan ketentuan sebagai berikut:
1. melampaui 3% (tiga persen) dari Produk Domestik Bruto (PDB) selama masa penanganan  Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan/atau untuk menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan paling lama sampai dengan berakhirnya Tahun Anggaran 2022;

Berikut merupakan salinan lengkap Perppu No. 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan:

Perpu-Nomor-1-Tahun-2020

(Visited 65 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020