Ditulis oleh 11:17 pm KABAR

Penanganan Covid-19 Meyakinkan?

Kebijakan pemerintah akan menjadi sia-sia jika rakyatnya saja tidak menaati kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Virus corona atau sering disebut Covid-19 adalah virus yang menginfeksi sistem pernapasan manusia. Virus ini pertama kali di temukan di kota Wuhan China pada bulan Desember 2019. Penularan virus ini terjadi dari manusia ke manusia dan penularannya relatif cepat. Virus ini dapat menyebabkan infeksi pernapasan bagi orang yang terjangkit. Kasus kematian akibat virus ini sudah sangat banyak. Terutama di kota Wuhan China pada bulan Januari lalu hampir setiap hari dilaporkan kematian akibat terjangkit virus corona. Dalam waktu beberapa bulan saja virus ini sudah menyebar ke banyak negara yang ada di dunia dan mengakibatkan kebijakan lockdown di beberapa Negara.

Tak terkecuali negara Indonesia, di Indonesia sendiri penyebarannya juga sangat cepat. Tercatat hingga saat ini kasus corona yang sudah terkonfirmasi mencapai angka 17.025 jiwa dan kasus kematian akibat virus ini sudah mencapai 1.089 jiwa. Virus corona juga menyebabkan kelumpuhan di banyak sektor, salah satunya adalah sektor ekonomi. Sektor ekonomi tidak berjalan lancar akibat adanya virus ini. Banyak orang mengalami kerugian akibat virus ini.

Untuk pengangan virus corona di Indonesia sendiri pemerintah Indonesia memberlakukan beberapa kebijakan. Kebijakan yang di terapkan oleh pemerintah Indonesia yaitu memberlakukan social distancing, menerapakan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, peraturan ini diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Larangan ini meliputi larangan untuk berkerumun atau berkumpul. Hal ini diterapkan untuk mencegah penularan virus corona yang cepat. Pemerintah juga menunjuk rumah sakit rujukan virus corona guna menangani masyarakat yang sudah terkena virus ini.

Masyakat juga bisa melakukan rangkaian rapid test di rumah sakit yang telah ditunjuk pemerintah. Pemerintah menganjurkan segala kegiatan seperti bekerja, beribadah, sekolah dilakukan dari rumah saja. Pemerintah mengeluarkan larangan untuk bepergian. Bahkan pemerintah juga mengeluarkan larangan untuk mudik ke kampung halaman. Langkah itulah yang diambil pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Pemerintah Indonesia juga sedang mengadakan reset terkait pembuatan vaksin virus corona.

Sebagai rakyat Indonesia kita seharusnya mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai orang Indonesia. Sebagai orang Indonesia sudah selayaknya kita sadar untuk ikut berjuang membantu pemerintah menangani penyebaran virus corona di Indonesia. Cara kita membantu pemerintah dalam menangangi virus corona ini yaitu dengan cara menaati kebijakan pemerintah. Misalnya kita bisa menaati peraturan PSBB. Kita tunda dulu kegiatan berkumpul-kumpul, sebisa mungkin tetap di rumah. Keluar rumah jika benar-benar penting saja dan harus menggunakan masker jika kita keluar rumah. Selalu menjaga kesehatan dengan cara cuci tangan setelah memegang benda-benda serta makan makanan bergizi.

Pemerintah Indonesia juga mengeluarkan larangan mudik, sebagai rakyat kita juga harus menaati peraturan itu. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar keluarga kita di kampung halaman tetap sehat dan demi memutus rantai penyebaran covid 19. Kebijakan pemerintah akan menjadi sia-sia jika rakyatnya saja tidak menaati kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah. Oleh karena itu kita sebagai orang Indonesia harus ikut bekerja sama dengan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid- 19 sehingga keadaan dapat menjadi pulih kembali.

(Visited 25 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 21 Mei 2020
Close