Penanggulangan Praktis Covid-19 Menuju Keluarga Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Oleh : Drs. Sarwan, M.Pd

Bangsa kita yang besar ini akan segera memperoleh derajat kesehatan yang tinggi di tengah wabah Covid-19 manakala setiap keluarga mampu menanggulanginya dengan membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

WHO telah memberikan informasi kepada kita bahwa penularan dan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 dapat kita cegah dengan mudah bila semua penduduk dunia atau setiap negara patuh dan taat akan anjurannya.

Demikian juga pemerintah kita telah mengeluarkan kebijakan, peraturan, dan berbagai seruan agar masyarakat mampu menjaga diri untuk tetap berada di rumah.

Untuk menuju keluarga sehat dan bangsa yang sehat dengan adanya wabah atau musibah Covid-19 ini mari kita setiap pribadi harus segera menerapkan pembiasaan dan pola hidup sehat baik yang dianjurkan pemerintah dari tingkat pusat sampai tingkat terbawah.

Jikalau seluruh anggota masyarakat benar-benar patuh dari awal dikeluarkannya kebijakan terkait wabah Covid-19 ini maka penyebaran penularannya segera musnah tidak berkepanjangan hingga saat ini.

Kita dapat melihat upaya jitu yang dilakukan oleh sebagian masyarakat kita di belahan negeri ini dalam mencegah penyebaran virus tersebut dengan amat serius, kompak, dan penuh ketaatan.

Namun di sisi lain kita prihatin dan sangat miris melihat oknum di beberapa wilayah negeri ini banyak yang cuek, masa bodo, tidak mempedulikan anjuran, ajakan, kebijakan pemerintah.

Bahkan mereka melakukan perilaku yang benar-benar sangat tidak etis sampai berani keluar rumah berlama-lama, tidak memakai masker, dan boro-boro menjaga kebersihan.

Kami sebagai bagian dari anggota masyarakat terkecil mengajak kepada setiap individu, warga masyarakat di seluruh tanah air tercinta ini untuk dapat menerapkan pola hidup sehat, dengan pembiasaan positif dalam kehidupan sehari-hari yang penulis sampaikan.

Adapun cara praktis untuk mencegah penyebaran dan penularan Virus Corona adalah sebagai berikut;

  1. Hindarkan keluar rumah bila tidak sangat darurat dan urgen.
  2. Gunakan masker bila kita harus keluar dan berhadapan dengan orang lain.
  3. Jagalah kebersihan dengan membiasakan cuci tangan dengan air yang mengalir dan dengan sabun baik akan bepergian atau setelahnya.
  4. Bersihkan alat-alat atau barang-barang yang sering dipergunakan atau tersentuh orang lain.
  5. Hindarkan kontak langsung dengan orang lain,dan patuhi jarak kontak minimal 1 meter.
  6. Jangan mendekati dan jangan bergabung dengan kerumunan orang banyak.
  7. Makanlah makanan yang bergizi dan sehat.
  8. Berolahragalah yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.
  9. Minumlah air putih yang cukup.
  10. Segerakan ganti pakaian bila habis bepergian dan cucilah tangan.

Semoga teknik sederhana menuju pola hidup sehat yang kami harapkan ini dapat diterapkan oleh setiap pribadi,keluarga,dan seluruh anggota masyarkat kita,dan pada puncaknya seluruh warga Indonesia akan sehat dan terselamatkan.

Teriring doa dari Penulis, semoga bangsa ini tergolong bangsa yang aman, sehat, makmur, dan sejahtera.

Drs. Sarwan, M.Pd

Drs. Sarwan, M.Pd

Pengawas Sekolah Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta

Terbaru

Ikuti