Pendidikan Anak Bermula Sejak Orang Tua Menikah

shomiyatun

Oleh: Ibu Dra. Shomiyatun, M.Pd. I

Buku ini cukup menarik untuk dikaji, dan cukup layak untuk menjadi pegangan atau rujukan dalam metode pendidikan , mulai segenap keluarga muslim sampai pada tahapan kalangan akademisi, para cendekiawan muslim, mengapa demikian?, setidaknya menurut kami ada beberapa alasan diantaranya, karena:

  1. Buku ini cukup tebal lengkap sampai 610 halaman, pembahasannya lengkap, cukup menarik  mulai dari nasehat cinta untuk calon orang tua, metode mendidik, cara mempengaruhi akal, jiwa anak agar berbakti pada orang tua diberikan penjelasan lengkap dengan contoh-contoh.
  2. Bagaimana menjaga istiqomah anak tetap berbakti pada orang tua yang ada sampai  orang tua telah tiada, bagaimana menerapkan hukuman yang mendidik, sampai membangun kepribadian Islami, seperti membentuk Aqidah anak, mengajarkan Al-Qur’an pada anak, semangat berkorban demi aqidah, membentuk aktivitas ibadah anak, mulai dari mengajarkan sholat, mengajak anak ke masjid, melatih anak berpuasa, megajarkan haji, melatih anak membayar zakat, sampai membentuk jiwa sosial kemasyarakatan.
  3. Bagaimana membentuk akhlaq Islami, membentuk perasaan anak, membentuk jasmani anak, menanamkan cinta ilmu pada anak, memelihara kesehatan anak, mengarahkan kecenderungan seksual sampai petunjuk Rasulullah dalam mendidik kepada orangtua dan anak, petunjuk pada orang tua saja, serta petunjuk Rasulullah pada anak saja telah dijelaskan secara runtut.

Yang lebih menarik lagi, kajiannya terhadap Sirah Nabawiyah dan Assunnah, penulis mengungkapkan bahwa pendidikan bagi anak bermula dari ketika kedua orang tua menikah. Kemudian hubungan kedua orang tua kesalehan mereka dan kesepakatan mereka dalam melakukan kebajikan, memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam membentuk fisik dan  psikis serta kecenderungan bagi sang anak. Dalam buku ini penulis mngetengahkan pertumbuhan anak di gendongan ibunya, keluargany dan lingkungan serta hubungan kekerabatan dengan kedua orang tua dan karib karibnya. Juga tentang pentingnya menjaga nilai nilai islami dalam masa pertumbuhannya dan membiasakannya untuk selalu berfikir. Penulis juga menekankan tentang pentingnya memakai berbagai media dan alat peraga yang sesuai dengan usia anak. Itu semua beliau simpulkan dari metode pendidikan Islam hadits-hadits Rasulullah dan pernyataan para pakar pendidikan Islam.

Terakhir dari bab di buku ini ditutup dengan sembilan belas doa syukur dari hadits-hadits Nabi, satu diantaranya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keteguhan dalam segala urusan. Aku memohon kepada-Mu ketetapan hati. Aku memohon kepada-Mu syukur atas nikmat-Mu dan ibadah yang baik kepada-Mu. Aku mohon kepada-Mu lidah yang jujur dan hati yang bersih. Aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan apa yang Engkau ketahui. Aku mohon kepada-Mu segala kebaikan yang Engkau ketahui. Sesungguhnya Engkau maha mengetahui  segala yang ghoib (Hadits diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban serta dishohihkan olehnya.

(Visited 47 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020