24.1 C
Yogyakarta
19 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
KABAR

Pendidikan TIK bagi Generasi Milenial

Pada zaman sekarang teknologi sangatlah berpengaruh dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Seolah dunia ini telah kecanduan dan tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Teknologi sendiri memegang kontrol hampir di setiap bidang.

Seperti dalam bidang pertanian, pertambangan, perikanan, dan terlebih dalam bidang ekonomi dan industri. Untuk bidang ekonomi, teknologi berperan dalam produksi, pengemasan dan pemasaran. Dalam sektor industri teknologi juga sangan berperan dalam produksi produk seperti mesin-mesin produksi.

Karena perkembangan teknologi yang sangatlah pesat dari zaman ke zaman, maka dari itu manusia dituntut untuk wajib dan harus memahami tentang penggunaan dan pemanfaatan teknologi, agar dapat menyesuaikan keadaan. Manusia yang kurang pemahaman dalam teknologi akan tertinggal bahkan sulit untuk mendapat pekerjaan karena dalam setiap proses kerja menggunakan bantuan teknologi.

Untuk mempersiapkan generasi yang mampu memanfaatkan teknologi dengan baik perlu diadakan pendidikan teknologi. Baik dari pemerintah maupun dari setiap perusahaan yang ingin mempekerjakan seseorang, yang biasa lebih kita kenal sebagai pelatihan kerja. Memasukkan pendidikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari jenjang SD-SMA dilanjutkan dengan kuliah, adalah salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk menunjang pengetahuan generasi muda (milenial).

Namun yang menjadi masalah adalah ketika pendidikan TIK ini hanyalah menerapkan teori, ditambah lagi jika alat-alat yang digunakan tidak memadai. Hal inilah yang harus lebih diperhatikan lagi. Untuk mendukung pendidikan TIK dapat diterapkan dengan baik dan benar, perlu adanya praktek di setiap materinya.

Teknologi informasi memanglah penting dan banyak sekali manfaatnya. Tetapi perlu di ketahui bahwa selain sisi positifnya, ternyata teknologi ini bisa jadi boomerang untuk kita. Contoh dampak negatif teknologi:

  1. Bermain game tanpa henti.
  2. Sarana penyebar kebencian yang berbau sara.
  3. Menyebar konten berbau pornografi.
  4. Sarana transaksi seks bebas secara online.
  5. Manusia menjadi malas karena serba otomatis dan cepat.

Itulah beberapa contoh dampak negatif dari teknologi informasi. Kita sebagai generasi penerus bangsa yang hebat, harus mampu memanfaatkan teknologi dengan bijak agar dapat meminimalisir dampak-dampak negatif yang terjadi sebelumnya.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA