Peran Generasi Muda di Bidang Pertanian

9.6.9. Peran - Doni
Pemuda harus memiliki motivasi dalam bidang pertanian untuk menggerakkan pertanian di Indonesia.

Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, Yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau. Serta tidak bertentangan dengan agama dan keyakinan budaya masyarakat untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan. Hari pangan sedunia bisa digunakan untuk meningkatkan peran generasi dalam pembangunan masyarakat.

Kegiatan pertanian memiliki hubungan yang erat dengan daerah pedesaan, karena di pedesaan masih banyak lahan yang tersedia untuk melakukan penanaman. Akan tetapi banyak para pemuda yang merantau ke pedesaan. Bukan tidak mungkin jika kekurangan SDM untuk mengelola pertanian. Namun, masih ada juga para pemuda yang memliki perhatian lebih terhadap pertanian.

Peran generasi muda dalam pembangunan pertanian sangatlah penting untuk meningkatkan pertanian di Indonesia. Oleh karena itu anak muda harus terus didorong agar tertarik dengan sektor pertanian. Pemuda harus memiliki motivasi dalam bidang pertanian untuk menggerakkan pertanian di Indonesia.

Generasi muda dapat mengelola pertanian, kemudian dijual dan selanjutnya dipasarkan kepada konsumen. Generasi muda diharapkan dapat melakukan pendekatan langsung kepada petani. Peran generasi muda pada saat ini banyak diharapkan oleh para petani. Petani bisa percaya dengan generasi muda jika telah menunjukkan bukti dan hasilnya yang telah di implementasikan oleh para pemuda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020