Ditulis oleh 2:55 pm COVID-19

Peringati Hari Bumi, Ini Yang Bisa Kita Lakukan di Rumah

Peringatan Hari Bumi dilakukan dalam situasi pandemi Covid-19. Beberapa hal yang dapat kita lakukan di rumah untuk terus menjaga kelestarian lingkungan.

Hari ini, 22 April 2020 diperingati sebagai Hari Bumi sedunia, sebagai upaya untuk terus  mengingatkan masyarakat dunia untuk selalu menjaga bumi dari kerusakan. Baik akibat pemanasan global, sampah yang menumpuk, serta kualitas udara yang terus menurun.

Tak seperti tahun-tahun lalu, kali ini peringatan hari bumi tidak bisa berjalan seperti biasa, karena pandemi global covid-19 yang melanda berbagai negara. Meski begitu, usaha untuk terus menjaga kelestarian linkungan harus terus dilakukan.

Pandemi Covid-19 yang memaksa kita untuk terus berada di rumah, bukan berarti dapat menghalangi kita untuk terus menjaga lingkungan. Banyak hal yang dapat kita lakukan di rumah untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan saat peringatan Hari Bumi ini.

Berikut ini, Seperti dilansir Kompas.com, merupakan langkah yang bisa kita lakukan untuk memperingati Hari Bumi sambil tetap menjaga kesehatan dari rumah.

1. Tanam satu tanaman di rumah

Pohon sangat berguna untuk memproduksi oksigen dan udara bersih bagi manusia. Ia juga bisa dijadikan sumber makanan sekaligus memerangi perubahan iklim. Jadi, menanam pohon di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga bumi kita. Kita bisa memulainya dengan menanam tanaman hias atau tanaman kecil di pot. Menanam pohon juga bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga, terutama anak, agar ia tidak bosan selama harus berdiam diri di rumah. 

2. Kurangi emisi karbon dengan perbanyak makan sayur

Proses berternak, mulai dari memelihara hewan hingga pengolahannya sampai siap dipasarkan, bisa menyumbangkan lebih banyak karbon dioksida ke udara sehingga emisi karbon yang merusak lingkungan bisa meningkat. Karena itu, salah satu cara untuk melindungi bumi adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih banyak mengonsumsi sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Kita bisa memulainya secara perlahan dengan mengurangi sedikit demi sedikit jumlah daging yang dimasak dan dikonsumsi.

3. Buat Pupuk organik dari sampah sayur dan buah

Sisa sayuran yang kita masak tadi, juga bisa kembali dimanfaatkan untuk menjadi pupuk kompos.  Kompos bisa dipakai untuk menyuburkan pohon yang tadi kita tanam untuk memperingati Hari Bumi.  Membuat kompos, kita bisa menyimpan sisa sayuran di dalam wadah makanan lalu menyimpannya di bawah tempat cuci piring, balkon rumah, atau bahkan freezer.

4. Kurangi penggunaan plastik

Kita sudah tahu bahwa plastik tidak bisa hancur dengan sendirinya dalam jangka waktu ratusan bahkan ribuan tahun. Apabila tidak didaur ulang, sampah-sampah ini hanya akan memenuhi tempat pembuangan sampah atau berujung mengotori tanah, laut, dan mengancam kehidupan banyak biota laut.

5. Daur ulang sampah plastik di rumah

Terkait sampah plastik, selain mengurangi kita juga perlu melakukan daur ulang plastis botol bekas minuman, dan lainnya. Kita bisa mengolahnya jadi pot tanaman dan lainnya. Jika belum tahu caranya, jangan khawatir, banyak tutorial yang bisa kita dapatkan di Youtube.

6. Batasi penggunaan air

Hemat air. Bersama anggota keluarga yang lain, kita dapat mengubah kebiasaan penggunaan air. Misalnya, dengan tidak terus menyalakan keran air saat mandi dan hanya menyalakannya saat akan digunakan.

7. Hemat listrik

Dengan menghemat listrik maka kita juga menghemat penggunaan energi fosil yang digunakan untuk menggerakkan pembangkit. Dengan demikian maka asap beracun yang dihasilkan oleh tempat pengolahan energi listrik bisa berkurang. Selain tentu saja akan mengurangi taguhan listrik anda.

Sumber: Kompas.com

(Visited 69 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 22 April 2020
Close