23.8 C
Yogyakarta
15 September 2021
BENTARA HIKMAH
COVID-19

Perjuangan Rakyat dan Tenaga Medis Bertaruh Nyawa

Kebijakkan pemerintah menangani wabah pandemi Covid-19 banyak dikritisi. Bertaruh nyawa rakyat. Bagaimana tidak meskipun WHO telah menetapkan jauh sebelumnya, status darurat akibat wabah Covid-19, pemerintah seolah santai bahkan cenderung untuk candaan.

Pemerintah pun dianggap lambat dan gagap menghadapi wabah ini. Akibatnya korban nyawa terus bertambah, dan rakyat berat menjalani kebutuhan pokok untuk memenuhi kehidupan sehari hari. Apalagi tenaga medis, kewalahan menangani pasien yang terpapar Covid-19 yang kian bertambah banyak.

Tidak sedikit tenaga medis (dokter perawat) juga jadi korban keganasan Covid-19 yang jatuh berguguran meninggal dunia. Disatu sisi rakyat disuruh di rumah, padahal yang tidak mempunyai penghasilan/pekerja non formal harus pergi keluar mencari uang untuk menghidupi keluarganya. Begitu beratnya perjuangan rakyat menghadapi situasi saat ini, yang terkena dampak Covid-19. Sehingga rakyat dianggap tidak disiplin dalam menghadapi kondisi ini.

Dalam situasi darurat seperti ini, kepercayaan masyarakat pun semakin rendah, mengingat banyaknya pernyataan dari pejabat yang simpang siur dan membingungkan. Pemerintah seolah mempertaruhkan nyawa rakyat. Semakin lambat kebijakkan diambil, apalagi keliru, dipastikan semakin membahayakan jiwa rakyat.

Belum lagi, pelayanan kesehatan yang carut marut. Semua ini menunjukkan tidak serius menangani kepentingan rakyat, termasuk nyawa rakyat. Dalam Islam, nyawa seorang manusia sangatlah penting. Rasullulah SAW bersabda: ‘Hilangnya Dunia, lebih ringan bagi Allah dibandingkan terbunuhnya, seorang mukmin tanpa hak (HR. Nasai. HR Turmudzi).

Rasullullah juga mengingatkan umatnya untuk melakukan isolasi atau lockdown dengan istilah sekarang, kalau terjadi wabah disatu tempat. Yang dari luar tidak boleh masuk, yang ada di daerah yang terkena wabah dilarang untuk keluar. “Jika kamu mendengar wabah disuatu wilayah, maka janganlah, kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah ditempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu,” ( HR Bukhari).

Allah Kuasa untuk melakukan yang Allah kehendaki. Allahu Akbar…

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA