Ditulis oleh 9:15 am KABAR

Pertanian di Lahan Sempit

Kini telah muncul tren bertani di lahan sempit, bahkan bertani tanpa lahan pun dimungkinkan.

Pertanian adalah salah satu tulang punggung masyarakat Indonesia, yang mana pertanian memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Namun seiring perkembangan zaman, pertanian konvensional menjadi sangat tidak populer dan tergantikan oleh bidang-bidang kerja lainnya yang dianggap lebih menguntungkan dari segi ekonomi. Dan juga dibarengi oleh gaya hidup manusia-nya yang meningkat membuat sebagian masyarakat memiliki standar kesejahteraan hidup salah satunya membangun hunian permanen baru.

Banyaknya hunian-hunian permanen baru, dan tren pasar terhadap bisnis properti, terlebih juga masifnya pembangunan fasilitas di era pemerintahan sekarang ini membuat lahan pertanian semakin sempit. Sehingga bertani secara konvensional sudah semakin sulit dilakukan.

Kini telah muncul tren bertani di lahan sempit, bahkan bertani tanpa lahan pun dimungkinkan. Pertanian modern tersebut dinamai Urban-Farming. Yaitu bertani dengan cara mengoptimalkan lahan yang sempit atau tanpa lahan. Selain hemat biaya perawatan, pertanian lahan sempit juga dapat menjadi solusi bagi rumah tangga di perkotaan untuk menekan biaya pangan tiap bulannya hanya dengan menggunakan pekarangan belakang rumah milik sendiri atau bagian kecil tanah milik tetangga untuk dipinjam atau disewa untuk menanam bahan makanan sehari-hari, seperti cabai, tomat, terong, dll.

Untuk skala industri pertanian, pertanian tanpa lahan pun juga sangat menjanjikan. Dengan memanfaatkan gudang atau gedung di perkotaan dengan mengalih-fungsikan menjadi tempat bercocok tanam.

AeroFarm misalnya, perusahaan pertanian indoor yang berbasis di Newark, New Jersey ini menggunakan sistem aeroponik untuk menumbuhkan tanamannya. Dan juga menggunakan vertical farming untuk layout nya. Dengan menggunakan sistem vertical farming maka hasil panen akan berkali-kali lipat lebih banyak dibandingkan menggunakan lahan konvensional dengan luas areal yang sama. Selain itu pertanian indoor juga dapat lebih mudah dikontrol kondisi tanaman dan ancaman hama-nya.

(Visited 45 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 3 Juni 2020
Close