16.4 C
Yogyakarta
17 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
KABAR

Pertanian Vertikultur

Vertikultur diambil dari istilah verticulture dalam bahasa lnggris (vertical dan culture). Artinya sistem budidaya pertanian yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat. Cara bercocok tanam secara vertikultur ini sebenarnya sama saja dengan bercocok tanam di kebun atau di sawah. Perbedaannya terletak pada lahan yang digunakan.

Misalnya, lahan 1 meter mungkin hanya bisa untuk menanam 5 batang tanaman. Dengan sistem vertikal bisa untuk 20 batang tanaman. Banyak sedikitnya tanaman yang akan kita budidayakan bergantung pada model wadah yang kita gunakan.

Vertikultur merupakan cara bertanam yang dilakukan dengan menempatkan media tanam dalam wadah-wadah yang disusun secara vertikal. Atau dapat dikatakan bahwa vertikultur merupakan upaya pemanfaatan ruang ke arah vertikal. Dengan demikian penanaman dengan sistem vertikultur dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat yang tinggal di kota. Dimana hanya memiliki lahan sempit atau bahkan tidak ada lahan yang tersisa untuk budidaya tanaman.

Jenis-jenis tanaman yang dibudidayakan biasanya adalah tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi, berumur pendek. Atau tanaman semusim khususnya sayuran (seperti seledri, caisism, pack-choy, baby kalian, dan selada), dan memiliki sistem perakaran yang tidak terlalu luas.

Keunggulan Vertikultur.

  1. Hemat lahan dan
  2. Mendukung pertanian
  3. Wadah media tanam disesuaikan dengan kondisi
  4. Umur tanaman relative
  5. Pemeliharaan tanaman relative
  6. Dapat dilakukan oleh siapa saja yang

BBentuk-bentuk Vertikultur.

Vertikultur dapat dikerjakan dengan memanfaatkan bahan-bahan dan peralatan yang ada di sekitar kita. Pemilihan wadah media sebaiknya dipilih dari bahan yang cukup kokoh dan mampu berdiri tegak. Beberapa rancangan wadah media yang umum digunakan adalah :

  1. Kolom wadah media disusun secara vertikal. Setiap wadah disusun dalam posisi tegak/berdiri dan diberi lubang pada permukaannya sebagai tempat terbuka atau sebagai lubang.
  2. Kolom wadah media disusun secara horizontal. Setiap wadah dibuat dalam bentuk kolom secara mendatar (pot, polybag, kresek) yang kemudian disusun dalam rak-rak.
  3. Wadah media gantung. Wadah media disusun saling berhubungan lalu digantung, sehingga menyerupai pot-pot gantung.

Langkah-langkah Pengerjaan Budidaya Tanaman secara Vertikultur

  1. Memperhatikan kondisi lahan yang akan digunakan untuk budidaya tanaman (luas lahan).
  2. Penyiapan wadah media tanam sesuai dengan kondisi yang ada. Dapat berupa bambu, pipa paralon/PVC, talang air, pot plastic, kaleng bekas, polybag, plastik kresek.
  3. Pembuatan bangunan.
  4. Penyiapan media tumbuh tanaman (pupuk organik + tanah).
  5. Pemilihan jenis tanaman yang akan dibudidayakan. Tergantung kepada besar tajuk tanaman, kebutuhan sinar matahari, dan wadah yang dipilih sebagai tempat penanaman. Ke-3 faktor ini harus diperhitungkan jika dalam satu unit bangunan vertikultur dibudidayakan beberapa jenis tanaman
  6. Budidaya tanaman (Persemaian, Pembibitan, Pemeliharaan, Panen dan Pasca Panen)

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA