Prof. Armaidy: Pembangunan Karakter Harus Berkesinambungan

prof. armaidy armawi
Pemimpin-pemimpin bangsa bisa berubah tetapi Indonesia abadi.

Dalam melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik dalam suatu negara, pendidikan menjadi hal yang paling penting. Pembangunan karakter suatu bangsa menjadi suatu proses yang berkesinambungan. 

“Tetapi apa yang kita lakukan dengan pendidikan itu. Adalah berkesinambungan. Membangun karakter suatu bangsa, sebagaimana yang dikatakan oleh Muhammad Hatta adalah pada hakekatnya membangun karakternya itu yang paling penting. Dan itu tidak boleh berubah-ubah. Tetapi harus berkesinambungan. Istilahnya never ending goals,” ujar Prof. Armaidy Armawi, M.Si Guru Besar Universitas Gadjah Mada.

Pemimpin-pemimpin bangsa, lanjut Prof. Armaidy, bisa berubah tetapi Indonesia abadi. Di tangan keindonesiaan yang kuat. Oleh karena itu proyek Indonesia itu adalah proyek yang abadi yang harus kita lakukan. 

“Kalau kita ingin menjadi Indonesia, secara geopolitik maupun geo ekonomi, apa yang dikatakan oleh Cohen bahwa geopolitik itu adalah strategi yang luar biasa bagi suatu negara untuk melangsungkan eksistensi kehidupannya di muka bumi ini,” jelas Prof. Armaidy.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, Prof. Armaidy prihatin atas banyaknya informasi-informasi yang kadang tidak jelas kebenarannya. Terutama yang terus berkembang di media sosial.

“Selamat mengisolasi diri dengan berbagai macam kegiatan. Saya kadang-kadang berpikir juga. Banyak viral daripada virusnya. Pusing juga kita oleh viralnya. Jangan-jangan virusnya ketawa-ketawa saja lihat kita sekarang ini. Karena perilaku kita di media social kadang-kadang sudah tidak lagi wajar,” tandas Prof. Armaidy.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Close