Prof. Dardiri: Semua Elemen Harus Punya Visi yang Sama Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pendidikan tidak berada di ruang kosong, namun ada di tengah masyarakat. Berbagai aspek kehidupan ikut mempengaruhi.

Akademi Al Hikmah Yayasan Abdurrahman Baswedan menyelenggarakan Kuliah Umum yang kali ini menghadirkan Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, pada Senin, 6 Juli 2020, melalui aplikasi meeting online Zoom.

Dalam paparannya, Prof. Achmad dardiri mengatakatan bahwa pendidikan merupakan sebuah proses panjang, yang hasilnya tidak dapat langsung dirasakan. “Berbeda dengan membangun jembatan yang langsung kita bisa lihat hasilnya,” ujar Prof. Dardiri.

Secara filosofis pendidikan berfungsi untuk memanusiakan manusia muda, mengupayakan agar manusia yang relatif muda dapat berkembang ke arah yang lebih manusiawi dan berbudaya.

Ki Hadjar Dewantara membedakan pengajaran dan pendidikan. Pengajaran ialah pendidikan dengan cara memberi ilmu atau pengetahuan, serta juga memberi kecakapan kepada anak-anak. Yang kedua-duanya dapat berfaedah buat hidup anak-anak, baik lahir maupun batin. Sedangkan pendidikan, menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu. Agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

“Dalam hal ini, pendidikan berfungsi mengembangkan kodrat anak ke arah yang positif yaitu keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya,” jelas Prof. Dardiri.

Hanya saja, lanjut Prof. Dardiri, pendidikan tidak berada di ruang kosong, namun ada di tengah masyarakat. Berbagai aspek kehidupan ikut mempengaruhi. Untuk itu Prof. Dardiri berharap semua elemen bangsa memiliki kesamaan visi dalam ikut mencerdaskan kehiduapan bangsa.

Mbok kita punya visi yang sama. Media, politisi, ekonomi, sosiolog, budayawan, mempunyai visi yang sama untuk memiliki bangsa yang cerdas, sehingga tidak ada pihak yang tidak sejalan dengan pendidikan,” jelas Prof. Dardiri.

Sebab, pendidikan tidak hanya di sekolah, tetapi ada di tempat-tempat di luar persekolahan. “Jadi jangan dianggap pendidikan hanya ada di sekolah,” tandas Prof. Dardiri.

Materi lengkap Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum dalam kuliah umum tersebut dapat disimak di bawah ini.

Erik T.

Erik T.

Terbaru

Ikuti