25.7 C
Yogyakarta
18 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
KALAM

Ramadhan Di Rumah

Oleh: Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA

Hari ini kita sudah memasuki puasa Ramadhan 1441 H yang ke-12 di rumah. Konsekuensi dari Social and Physical Distancing, sebagaimana juga Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH). Kita benar-benar ada di rumah, karena bekerja rutin pun tidak di tempat kerja. Juga tugas ke luar kota pun ditiadakan. Selama waktu 100 % berada di rumah. Model kehidupan yang tidak pernah terjadi sebelumnya Ramadhan di Rumah.

Idealnya untuk menunaikan rangkaian ibadah puasa Ramadhan, terutama Taraweh, itu dilaksanakan di tempat ibadah, masjid atau mushalla. Namun dengan memperhatikan kemaslahatan di era Covid-19, tidak harus seluruh atau sebagian agenda Ramadhan dilaksanakan di masjid atau mushalla. Kita dapat melakukan ibadah di luar masjid atau mushalla, terutama di rumah. Dengan harapan kita bisa memaknai lebih terhadap semua rangkaian ibadah shiyam Ramadhan tahun ini yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sungguh karunia Allah yang tak ternilai, bahwa dengan adanya pandemi yang sangat dahsyat, sudah tersedia Teknologi Digital yang bisa menutupi kebutuhan kita, walau belum sepenuhnya.

Memang ada pandangan dari sejumlah tokoh, soal kepastian mati seseorang. Mengapa harus direspon berlebihan. Soal mati kan sudah tertulis. Dengan begitu meninggalkan tempat ibadah untuk pindah di rumah merupakan langkah mundur. Sudah tidak sholat jamaah Fardhu, sholat Jumat dan sholat taraweh di masjid dan mushalla. Masjid dan mushalla menjadi sepi dan tidak makmur. Sudah berjalan cukup lama lebih dari sebulan sudah tidak ada Jumatan di masjid dan shalat Taraweh sejak hari pertama. Keputusan untuk tidak berjamaah, awalnya tidak ada masalah. Lama-lama ada perasaan tertentu, bahwa kita perlu memikirkan ulang. Misalnya, sholat Jamaah fatdlu atau Jumatan, tapi dengan ketat mengikuti protokol kesehatan. Utamanya menjaga jarak dan kebersihan tangan dan wajah.

Ada plus dan minusnya, semua rangkaian ibadah Puasa Ramadhan dilaksanakan di rumah. Adapun sisi positifnya, di antaranya, (a)  perasaan was-was berkurang, atau relatif merasa aman, karena terjaga dari penularan virus Corona, (2) bisa berjamaah setiap shalat fardlu dan Taraweh, (3) bisa tadarus Al Qur-an bersama keluarga, (4) bisa qiyamul lail bersama, (5) bisa berbuka dan sahur bersama, (6) bisa membantu menyiapkan hidangan untuk berbuka dan sahur, (7) bisa terhindar dari hal-hal yang membatalkan puasa, dan (8) Rumah semakin dingin dan sejuk, tidak panas, karena menjadi tempat yang lebih banyak untuk beribadah, apalagi membaca Al Quran. Pengalaman riligius bersama dalam keluarga bisa berkontribusi memperkuat kesolidan bangunan institusi keluarga dan meningkatkan kasih sayang, antara tua dan anak, juga antara ibu dan bapak, serta antara anak dan anak. Hal ini sangat mahal dan sangat berharga dalam menjaga kerukunan dan keutuhan keluarga. Terjadi saling sharing pengetahuan dan pengalaman hidup dan beragama antar anggota keluarga.

Pengalaman riligius bersama dalam keluarga bisa berkontribusi memperkuat kesolidan bangunan institusi keluarga dan meningkatkan kasih sayang.

Adapun sisi kelemahannya, di antaranya (1) tidak memperoleh pahala optimal dari sholat berjamaah di masjid, (2) tiadanya kesempatan untuk majelis ta’lim, (3) tiadanya kesempatan tadarus di masjid, (4) tidak ada kesempatan berbuka bersama, di samping silaturahim juga ada taushiyah, (5) berkurangnya silaturahmi dengan jamaah masjid, (6) berkurangnya silaturahmi dengan sahabat atau kolega secara langsung,  (7) tidak bisa ikuti safari Taraweh, dan (8) tidak bisa mengisi kegiatan-kegiatan Ramadhan di luar rumah.

Beberapa keterbatasan Ramadhan di rumah, dapat diatasi dengan baik. Kita sangat diuntungkan dengan kemajuan IPTEK, khususnya teknologi digital, sehingga kita bisa melakukan halaqah, mengaji bareng, dan khataman lewat dunia maya. Dengan menggunakan teleconference, vidioconference, Zoom meeting dsb. Dengan begitu bisa sedikit mengurangi kebosanan dan isolasi dengan yang lainnya. Karena keterbatasan waktu, dialog tidak optimal, dan tidak semua aktif, karena banyaknya partisipan. Walaupun demikian bisa juga memanfaatkan chating, kendatipun hanya beberapa yang direspon. Pemanfaatan fasilitas digital cukup baik untuk memenuhi kebutuhan kita untuk berinteraksi baik langsung maupun tidak langsung.

Demikianlah beberapa hal yang bisa diungkap. Memang secara jujur Ramadhan di Rumah dengan segala kelebihan dan keterbatasannya, serta upaya yang bisa dilakukan hingga hari ke-12 Ramadhan ini dapat dirasakan baik-baik saja. Namun ada sesuatu yang hilang dan terjadi distorsi nilai Ramadhan, sehingga belum bisa menikmati Ramadhan yang ideal. Tentu yang patut disyukuri, kita masih sehat dan mudah-mudahan terjauhkan dari virus, dan Covid-19 segera berakhir. Dengan begitu kita segera bisa kompensasi dengan ibadah-ibadah yang baik, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Syukur-syukur jika memungkinkan, kita bisa melakukan i’tikaf di Masjid dengan jumlah terbatas. Dengan ketentuan semua peserta wajib menjaga diri masing-masing untuk tidak ketularan virus. Akhirnya dengan harapan kita bisa menuju pribadi yang memiliki taqwa yang lebih baik. Mudah-mudahan Ramadhan di Rumah bisa memperkokoh BAITIY JANNATIY. (Yogyakarta, 05/05/2020 – 12 Ramadhan 1441 H, Selasa, pk. 08.55)

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA