Ditulis oleh 8:12 pm KABAR

Rangkuman Kondisi Pandemi Covid-19 Di Sulawesi Selatan

Hanya dengan persatuan dan kesatuan, saya yakin wabah corona dapat kita atasi dengan sebaik-baiknya.

Berdasarkan beberapa sumber berita yang saya baca, pakar dari berbagai perguruan tinggi memperhitungkan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia akan mulai mereda pada Juni hingga Juli mendatang. Hal ini mungkin bisa dijadikan sebagai optimisme bagi seluruh masyarakat Indonesia mengenai kondisi covid ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa covid ini memiliki dampak yang cukup besar bagi kehidupan bermasyarakat kita di seluruh dunia. Baik dari segi rutinitas maupun finansial.

Covid-19 sendiri mulai masuk di Indonesia pada 2 Maret 2020 yang menyebabkan 2 pasien dinyatakan positif. Di provinsi tempat tinggal saya (Sulawesi Selatan) dua kasus positif pertama diumumkan pada hari Kamis 19 Maret. Dan salah satu pasien virus corona di Sulsel ini telah meninggal sebelum hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan dia positif. Hingga saat ini total kasus di Sulasel yang telah dikonfirmasi ialah 951, 319 sembuh, dan 53 meninggal dunia.

Melihat semakin hari semakin bertambahnya kasus Covid-19 ini, ada beberapa tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah dalam upaya optimisme pemberhentian peredaran Covid-19 ini. Di Sulawesi Selatan, tindakan awal yang dilakukan adalah pembatasan skala kecil di wilayah dengan penyebaran kasus Covid-19 terbanyak di Sulsel, yakni Kota Makassar, Gowa dan Maros. Juga pembentukan satgas dan dilakukannya PSBB di Kota Makassar sebanyak dua kali yang berakhir pada 17 Mei 2020. Selain itu, saat ini Pemerintah Sulawesi Selatan sedang mempertimbangkan mengenai pembukaan kembali mall di Kota Makassar. Namun, hal ini diperlukan pertimbangan yang matang karena dapat menimbulkan kecemburuan terhadap pedagang lainnya. Mengenai berita tersebut, tentu saja kita berharap semuanya akan segera kembali pulih kembali.

Dalam momentum yang baik hari ini, yaitu hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020, perkenankan saya mengajak seluruh elemen bangsa, mari bersatu padu, bergandengan tangan dan saling menolong antar sesama dalam mengahadapi pandemi ini. Hanya dengan persatuan dan kesatuan, saya yakin wabah corona dapat kita atasi dengan sebaik-baiknya, tentu saja seraya berdoa ke hadirat Allah SWT agar bangsa Indonesia ada dalam perlindungan-Nya. Amin, terima kasih.

(Visited 120 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 20 Mei 2020
Close