Ditulis oleh 12:35 pm COVID-19

Rektor UPY: Covid-19 Pacu Guru Belajar Teknologi Informasi

Saat ini guru dan siswa sudah belajar cara pemanfaatan teknologi informasi, sehingga ke depan pembelajaran di tanah air akan lebih maju karena adanya kombinasi tatap muka dan daring.

Pengantar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 yaitu “Belajar dari Covid-19”. Redaksi arbaswedan.id meminta tanggapan tokoh-tokoh pendidikan mengenai tema tersebut. Berikut ini merupakan pandangan  Dr. Ir. Paiman, M.P, Rektor Universitas PGRI Yogyakarta.


Model pembelajaran begitu cepat berubah di tanah air akibat pandemi Covid-19. Selama ini pembelajaran lebih mengedapankan belajar melalui tatap muka. Kini pembelajaran harus dilakukan dengan model daring. Cara ini lebih mudah dan siswa bisa berinteraksi langsung dengan guru maupun dengan siswa lain. Namun, kesulitannya adalah tidak semua siswa atau mahasiswa memiliki peralatan yang memadahi untuk bisa mengakses informasi.

Di samping itu mereka yang tinggal di desa yang jauh dari sumber informasi (internet) sangat sulit untuk mengakses informasi, sehingga di saat pandemi seperti ini mereka harus mendatangi satu per satu.

Belajar dengan metode daring memang membutuhkan keterampilan dari para pengajar atau guru untuk bisa menjelaskan sejelas-jelasnya, namun hal itu sangat sulit terjadi transformasi pengetahuan.

Belajar melalui tatap muka saja siswa paling tinggi hanya bisa menangkap pemahaman hanya 60%, maka model daring ini akan jauh di bawahnya.

Sisi positif untuk peningkatan SDM, adanya pandemi Covid-19 ini ada para guru atau pendidik harus mau belajar teknologi informasi. Mau nggak mau mereka harus belajar supaya tetap bisa menyampaikan atau mengajar lewat daring.

Semoga pandemi segera selesai. Saat ini mereka sudah belajar cara pemanfaatan teknologi informasi, sehingga ke depan pembelajaran di tanah air akan lebih maju karena adanya kombinasi belajar lewat tatap muka dan daring.

(Visited 55 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 2 Mei 2020
Close