Ditulis oleh 2:18 pm KABAR

Resep Cantik

Islam melihat sesuatu dikatakan cantik ketika seimbang semua unsurnya baik unsur materialnya maupun unsur ruhaninya.

A. Pendahuluan

Tampil cantik dan mempesona menjadi idaman bagi setiap wanita begitu juga pria. Hal ini dapat dilihat dari menjamurnya tempat-tempat perawatan kulit dan ramai dikunjungi terutama para wanita para remaja dan ibu-ibu dan tidak kalah pula para pria terutama remaja. Biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan tampil cantik ini, berapapun dikeluarkan tanpa menawar.

Islam sebagai agama yang sempurna, ternyata juga memberikan perhatian terhadap persoalan kecantikan ini. Inilah Islam, agama yang penuh kemudahan dan sesuai dengan fitrah dan seluruh keinginan manusia.

الدين يسر

Agama itu mudah. Tetapi siapapun tidak oleh bersikap “gampangke”.

Selain itu Rasulullah saw bersabda:

يسروا و لا تعسروا.بشّروا ولا تنفروا

Permudahlah dan jangan mempersulit, beri kabar gembira dan jangan bikin mereka lari.

Salah satu.bukti bahwa Islam merupakan agama yang penuh kemudahan dan sesuai dengan seluruh keinginan manusia adalah Islam memerintahkan untuk makan dan minum.dan melarang berlebih-lebihan, karena Allah tidak suka terhadap orang yang berlebih-lebihan. Islam juga.memerintahkan manusia untuk berpakaian yang bagus ketika hendak ke masjid.(Q.S. al A`raf, 7:31)

Bukti lainnya sebagai agama sempurna adalah adanya pandangan keseimbangan hidup. Manusia itu terdiri dari dua unsur jasmani-ruhani, dunia-akhirat, hidup-mati. Sehingga manusia tidak boleh mementingkan satu sisi misalnya mementingkan jasmaninya saja tanpa mempedulikan ruhaninya,

Mari kita lihat, yang tidak seimbang pasti jatuh.

Bagaimana tips Islam supaya cantik? Inilah kajian yang akan dibahas dalam makalah ini.

B. Inti

1. Konsep Cantik dalam Islam

Rasulullah saw pernah bersabda.yang artinya sesungguh Allah itu cantik/indah dan suka pada hal-hal yang indah.

Rasulullah saw juga pernah ditanya seorang sahabat tentang penampilannya yang suka memakai pakaian yang bagus-bagus, apakah itu termasuk suatu kesombongan? Rasullullah saw menjawab tidak itu bukan termasuk kesombongan, sombong itu adalah menolak kebenaran al haq dan meremehkan orang lain.

Cantik itu… indah dilihat

Cantik itu… menyenangkan

Cantik itu… tidak membosankan

Cantik itu… inner beauty

Cantik itu… bagus

Cantik itu… semua manusia suka

Islam melihat sesuatu dikatakan cantik ketika seimbang semua unsurnya baik unsur materialnya maupun unsur ruhaninya. Contoh: wajah dikatakan cantik ketika mata 2, kulit kenyal, tidak keriput, gigi lengkap, alis tertata rapi, dan senyum. Apa yang dapat membuat tersenyum???? Hati tulus.

Siapa yang bikin cantik?????? Allahlah yang memjadikan manusia itu cantik. Fa ahsana shuwarakum ( lalu Ia mempercantik bentuk kamu).

Berapapun uang yang dikeluarkan manusia untuk mempercantik diri ke tempat-tempat perawatan kulit, jika Allah menhendaki jerawat tak kunjung hilang, maka semua tak akan ada artinya.

2. Tips Cantik ala Islam

Rasulullah saw bersabda:

نَضَّرَاللهُ اِمْرَأً سَمِعَ مَقَالَتِي فَوَعَاها.فَأدَّاها َكمَا سَمِعَهَا

“Allah mempercantik wajah seseorang yang mendengar kata-kataku, lalu menaruh perhatian dengannya, lalu mengamalkan seperti apa yang ia dengar”

Hadis di atas menyebutkan 3 tips yang harus dilakukan supaya Allah mempercantik wajah kita. Tiga tips tersebut adalah :

  1. Mendengarkan kata-kata Rasulullah saw. Apa kata-kata.Rasulullah saw? Kata-kata Rasulullah saw ada dua: al Qur’an dan hadis. Al Qur’an merupakan wahyu Allah saw. Dan hadis adalah perkataan, perbuatan dan juga ketetapan Nabi saw. Tindakan mendengarkan kata-kata Rasulullah saw ini berupa:
  2. Tilawah al Qur’an setiap hari, membaca kitab tafsir al Qur’an
  3. Mendengarkan orang membaca al Qur’an
  4. Mengikuti kajian tafsir al Qur’an
  5. Membaca kitab-kitab hadis Nabi saw. Contoh kitab shohih Bukhari, kitab shohih Muslim, kitab sunan al turmuzi, sunan al Nasa’I, kitab riyadus Salihin dll.
  6. Mengikuti kajian hadis-hadis Nabi saw.
  7. Mengikuti pengajian.
  • Menaruh perhatian terhadap al Qur’an dan al Hadis

Menaruh perhatian adalah kesadaran diri untuk memperhatikan dan memberikan prioritas lebih. Selalu melihatnya, selalu mendengarkannya, selalu memikirkannya. Itulah wujud memberikan perhatian.

  • Melaksanakannya

Menunaikan isi dari al Qur’an dan al hadis dalam kehidupan sehari-hari adalah wujud dari melaksanakannya.

3. Praktek supaya cantik

Ada tiga kata-kata Rasulullah saw. Yang akan dipraktekkan dari pengajian PKK Gamping ini:

  1. Senyummu di hadapan saudaramu adalah shadaqah. Mari tersenyum. Manfaat senyum selain sebagai bentuk pengamalan terhadap perintah agama (ibadah) adalah menjadikan diri semakin cantik dan sehat. Senyum 20x dalam sehari ada tulisan menyebutkan akan menghilangkan penyakit darah tinggi.
  • Rasulullah saw menyuruh kamu sholat, jujur, meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat, menepati janji dan menunaikan amanah.

Sholat setiap hari yang wajib 5 dan supaya semakin cantik tambah dengan shalat sunnah. Jadikanlah sholat sebagai solusi atas semua perkara. Mari yang belum sholat kita sholat supaya Cantik..Jujur dalam perkataan dan perbuatan, mari kita jujur apapun adanya. Sesuatu dikatakan bermanfaat ketika hal itu memberikan nilai tambah (+) bagi diri pelakunya dan sebenarkan setiap manusia menginginkan ada tambahan apapun kebaikan, maka tidak ada kata lain kecuali mari saling mengingatkan untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat dan ini dapat pahala. Apapun bentuk janji harus ditepati kecuali janji untuk melanggar perintah Allah saw. Amanah adalah sebuah kepercayaan yang diberikan kepada seseorang dan Islam mewajibkannya untuk menunaikannya. Contoh sederhana seorang ibu meminta tolong kepada anaknya untuk mengantar kue ke rumah tetangganya, maka anak ini wajib menyampaikannya tanpa sedikitpun dikuranginya.

  • Bertakwalah kepada Allah di manapun kamu berada, dan ikutilah tindakan kejelekan dengan tindakan kebaikan, niscaya ia akan menghapuskannya.

Bertaqwa adalah melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah. Perintah Allah itu apa saja , mati kita selalu bersama mempelajarinya sehingga kita bisa melaksanakannya. Dan jika melakukan kejelekan baik itu yang disengaja maupun tidak maka mari segera kita mengikutinya dengan perbuatan baik, supaya semakin cantik.

C. Penutup

Simpulan dari kajian ini resep cantik adalah mendengarkan kata-kata Rasulullas saw berupa al Qur’an dan al hadis, memperhatikannya dan lalu mengamalkannya. Selain itu saat bercermin berdoa.

اللهمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي وَ حَرِّمْ وَجْهِي عَلَى النَّارِ

‘Ya Allah sebagaimana Engkau telah bagus dalam penciptaanku, maka percantiklah akhlakku dan haramkan wajahku dari api neraka”

Semoga bermanfaat

Dan Allah lah yang paling tahu kebenaran sesuatu.

(Visited 42 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 29 Mei 2020
Close