Ditulis oleh 11:34 am Uncategorized

Revolusi Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Potensi Peserta Didik

Revolusi Pembelajaran yang dilakukan guru dengan berbagai cara dan strategi diharapkan membawa keberhasilan agar peserta didikdapat berkembang secara utuh baik pengetahuannya, keterampilan, maupun perilakunya.

Pembelajaran yang dilakukan oleh Pendidik dalam Satuan Pdndidikan kita setidaknya dengan berbagai strategi, model, dan pendekatan pembelajaran, kemampuan dan potensi peserta didik kita akan termotivasi dan mengalami perkembangan yang optimsl.

Kemampuan lebih pada peserta didik kita harus dapat diwujudkan dan diterapksn dalam kehidupsn nyata sehari-hari sebagai bentuk kemzndirian mereka sebagai insan sejati dan pribadi unggul.

Peserta didik kita bukan hanya berpengetahuan saja,tetapi mereka memiliki keterampilan lebih dan sikap perilaku yang wajib kita bentuk dan kembangkan secara optimal.

Revolusi Pembelajaran yang dilakukan guru dengan berbagai cara dan strategi serta pemodelannya akan membawa keberhasilan yang tentunya kompetensi peserta didik kita akan berkembang secara utuh baik pengetahuannya, keterampilan, maupun perilakunya.

Pembentukan potensi dan pengembangannya akan lebih baik manakala kita mampu melakukan hal-hal penting seperti;

  1. Setiap anak memiliki keunikan masing-masing yang harus kita tangani dan fasilitasi.
  2. Pada dasarnya tiap anak mempunyai kecerdasan jamak yang harus kita tangani dan berikan porsi yang sesuai.
  3. Kita harus paham bahwa setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
  4. Kemampuan lebih guru harus mampu dieksploor secara optimal.
  5. Setiap peserta didik berharap belajar harus menyenangkan dan ada yang didapatnya setelah belajar.
  6.  Sifat ingin tahu pada anak itu besar dan mereka tidak mau diam tetapi bukan usil.
  7. Hati-hati kadang anak-anak cepat bosan dan menginginkan tantangan.
  8. Perhatikan juga tingkat emosioal anak agar muncul gejolak tidak berlebihan.
  9. Kita harus mengembangkan juga keterampilam dasar yang mereka miliki.
  10. Tangkaplah dan fasilitasi untuk pengembzngan motorik   mereka.
  11. Berilah dan terapkan Pembelajaran bermakna dan nyata yang mereka butuhkan
  12. Berkolaborasilah dengan lingkungsn sekitar untuk pemyediaan alat-alat dan sumber belajar.
  13. Bangun karakter peserta didik untuk berkembang secara positif dan utuh sempurna.

Nah,perlu kiranya dan harus dilakukan dalam pendidikan ini untuk memperoleh hasil yang optimal diperlukan jaringan yang baik dengan stakeholders dan diupayalan terjadi sinergi. Tanggung jawab guru, lembaga, dan msasyarakat serta pemerintah harus seiring sejalan sesuai yang diamanahkam dalam undang-undang Sistem Pendidikan Nasional kita.

Unsur penting yang dinanti pemerintah kita dalam membangun negeri ini salsh sstunya ya keberhasilsn pendidikan kita yang semoga mampu mempercepat dan meninbkatksn kualitas pembangunan bangsa.

Kemandirian dalam pendidikan di era seperti ini juga harus diupayakan dan ditegakkan karena lahirnya sumber Daya Manusia ada di tangan kita,namun pemerintah tetap bertanggungjawab dalam hal ini.

Kita berharap dalam pengembangan potensi anak melalui revolusi pembelsjaran ini Satuan Pendidikan mampu menjadi Sekolah yang aman, kondusif, ramah, lingkungan belajsrnya sehat, hijau, bersih, kompetensi penfifiknya lebih dan unggul, sarana dan prasarananya memenuhi standar, jejaring sosialnya baik, demokrasi dihidupkan dan dijalankan,serta siap melahirkan generasi ysng tangguh dan unggul mampu bertanggungjawab atas dirinya dan bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa.

Penulis mengetuk kepada insan peduli dan pemerhati pendidikan dengan segenap kemampuan lebihnya untuk merealisasi ajaran mulia Ki Hajar Dewantara melalui Sistem Amongnya seperti;

*Ing Ngarsa sung Tuladha
*Ing Madya mangun Karsa
*Tut Wuri Handayani dan
*Jer Basuki Mawa Bea.

Jayalah Pendidikan, Jayalah Negeri ini, siap menjadi Bangsa yang mandiri…

(Visited 118 times, 1 visits today)
Last modified: 8 Mei 2020
Close