Rizki Kita Digaransi Allah

Majelis Ta’lim Nusaibah menyelenggarakan pengajian rutin, Kamis (1/8/2019), di Sekretariat Yayasan AR. Baswedan. Hadir sebagai pembicara, Ustad Nurudin Isnawan (Ketua PPMI DIY). Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Wawan, mengangkat tema pengajian mengenai rezeki kita yang sudah ditanggung oleh Allah.

Allah memberikan garansi,  atau jaminan,  terhadap rizki yang kita butuhkan. Lewat berbagai aktifitas dan profesi yang kita jalani. Dengan menjadi pengajar,  atlet,  pebisnis,  jurnalis, kontraktor,  artist,  dan lainnya. Semua mahluk dari yang paling besar dan paling kecil telah ditanggung oleh Allah. Rezeki kita dijamin dari sebelum lahir hingga jatah rezeki kita habis yakni saat meninggal dunia.

“Jadi kalau kita saat ini masih hidup berarti kita masih mempunyai jatah rezeki,” ujar Ustadz Wawan.

Bagaimana cara meraih garansi rizki dari Allah? Pertama,  tegakkan perintahnya untuk melaksanakan ibadah. Ibadah dalam arti segenap aktifitas perkataan dan perbuatan,  nampak maupun tersembunyi, yang dilakukan untuk meraih cinta dan ridho Allah. Kedua, banyak beraktifitas,  atau bertebaran di muka bumi (“merayap di dinding”) . Dengan dua aktifitas itu,  niscaya rizki akan “hinggap”, atau menyapa kita.

 Jika rizki sudah di tangan, agar dikelola dengan baik.  Bisa untuk infak fi sabilillah,  membebaskan budak,  menolong kaum miskin,  dan untuk menafkahi keluarga.  Menurut Nabi,  sebaik-baik belanja,  adalah mengalokasikan rizki untuk menafkahi keluarga. Kalau ada aktifis Muslim yang banyak keluar rumah, tetapi menelantarkan keluarga,  maka perlu diluruskan pemahamannya. “Dari keempat amalan tersebut, yang paling baik adalah untuk keluarga,” jelas Ustadz Wawan.

Mengapa banyak orang stres,  depresi,  dan bahkan bunuh diri dalam soal rizki? Karena melupakan faktor Allah dalam proses mencari rizki. Komunikasi dengan Allah dilupakan.  Sehingga beban hidup itu tidak terurai. Beban pikirannya tidak terdampingi hidayah, sehingga tidak sampai ke pencerahan.*

(Visited 74 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020