Ditulis oleh 12:27 pm COVID-19

Saat Social Distancing, Rutin Bersihkan Rumah Agar Terhindar Dari Corona

Masyarakat disarankan untuk selalu membersihkan rumah setiap hari terutama barang atau benda yang selalu disentuh bergantian oleh anggota keluarga seperti kenop pintu, sakelar lampu, pintu lemari es dan microwave, laci, remote TV, meja tempat memasak, gagang toilet, dan pegangan keran.

Agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan tidak semakin meluas, pemerintah menghimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di luar rumah atau melakukan social distancing. Kantor-kantor baik pemerintah maupun swasta sebagian besar telah menghentikan aktivitasnya dan meminta pegawai untuk berkerja dari rumah. Kampus dan sekolah merubah metode belajar mengajar dari tatap muka menjadi via onlie.

Selain melakukan social distancing, agar terhindar dari virus corona masyarakat juga dihimbau untuk rajin mencuci tangan, dan menggunakan masker apabila sakit. Satu hal yang penting pula yakni membersihkan rumah secara rutin setiap hari.

Penerapan social distancing ini membuat kita menghabiskan waktu lebih banyak di rumah bersama keluarga. Masyarakat disarankan untuk selalu membersihkan rumah setiap hari terutama barang atau benda yang selalu disentuh bergantian oleh anggota keluarga. Oleh karena itu penting untuk membersihkan barang-barang seperti kenop pintu, sakelar lampu, pintu lemari es dan microwave, laci, remote TV, meja tempat memasak dan makan, gagang toilet, dan pegangan keran. Bersihkan pula secara teratur kamar mandi.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, virus Corona akan mati apabila terkena sabun. Saat membersihkan rumah, kita bisa menggunakan beberapa tetes sabun cuci piring dengan tambahan air sekitar 200 mililiter. Menggosok permukaan perabot rumah dan benda yang sering disentuh.

Dikutip dari Viva.com, Dr. Kryssie Woods, ahli epidemiologi rumah sakit dan direktur medis pencegahan infeksi di Mount Sinai West di New York mengatakan membersihkan barang-barang yang sering disentuh di rumah sangat penting. “Saya berusaha untuk tidak menjadi neurotik tentang hal itu. Tapi cuci tanganmu ketika sampai di rumah, dan cobalah untuk membersihkan beberapa area yang sering disentuh itu. Itu saran yang bagus bahkan saat tak ada virus corona,” katanya.

Disarankan pula, untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah kamu membersihkan rumah. Agar rumah tetap bersih, saat sampai di rumah setelah berpergian, lepas sepatu, ganti baju dan segera cuci tangan selama 20 detik, lalu mandi jangan duduk atau berleha-leha sebelum membersihkan diri.

(Visited 148 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 28 Maret 2020
Close