Selalu Tenang Menghadapi Pandemi Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Di tengah kondisi sulit tersebut, kita masih belum mengetahui secara pasti kapan wabah ini akan berakhir.

Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan gerak masyarakat. Hari-hari ini kita dihadapkan pada situasi yang tak terbayangkan sebelumnya. Wabah Covid-19 yang terus meluas memaksa kita membatasi gerak fisik dan mengupayakan langkah-langkah antisipasi penularan agar tidak semakin meluas.

Di tengah kondisi sulit tersebut, kita masih belum mengetahui secara pasti kapan wabah ini akan berakhir.

Di samping berperang melawan virus, kita juga dihadapkan pada berbagai persoalan lain akibat wabah ini. Yakni kerentanan sosial akibat beredarnya provokasi, hoaks, hingga risiko terjadinya kerusuhan dan kekerasan akibat masyarakat yang dicengkeram kecemasan dan kekhawatiran. Masalah-masalah sosial ekonomi juga muncul ke permukaan akibat tiadanya penghasilan, terjadinya PHK yang menambah angka pengangguran, dan terakhir tentu saja angka kriminalitas juga menjadi bertambah banyak.

Dalam situasi dan kondisi yang seperti itu, maka seyogyanya kita tetap hadapi dengan hati yang tenang, sabar dan dingin. Marilah kita bersama-sama mengurai masalah itu satu persatu. Modal utama yang harus disiapkan sebagai suatu bangsa adalah kerukunan, kekompakan dan persatuan sebagaimana teladan dari para tokoh Kebangkitan Nasional. Marilah kita saling bantu, saling tolong antar sesama anak bangsa.

Mari kita cerdaskan masyarakat untuk tidak panik dan heboh, namun tetap menaati protokol kesehatan: cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, gunakan masker, dan tetap tinggal di rumah. Mari kita sampaikan info dan berita yang benar kepada masyarakat, info dan berita yang memupuk semangat hidup anggota masyarakat sehingga imunitas mereka tetap terjaga dengan baik. Hal Ini kita lakukan agar masyarakat tak melulu dihantui kabar-kabar yang membuat ketakutan dan kekhawatiran.

Mari kita selalu berdoa semoga Tuhan Yang Mahakuasa melindungi Bangsa Indonesia, serta pandemi Covid-19 segera berlalu dari negeri tercinta, dan kita bisa menjalani hidup baru dengan tenang, riang dan gembira.

Riyan Apriyansyah

Riyan Apriyansyah

Sumbawa Barat, NTB

Terbaru

Ikuti