Ditulis oleh 11:21 am COVID-19

Semua Wajib Kenakan Masker Saat Keluar Rumah

Penggunaan masker kain diharapkan dapat menahan percikan air liur atau droplet.

Sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kini pemerintah menghimbau agar semua orang menggunakan masker saat keluar rumah. Namun, masyarakat diminta tidak menggunakan masker bedah dan masker N95, yang khusus digunakan untuk tenaga kesehatan.

“Gunakan masker kain, Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar,” ujar Achmad Yurianto Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 pada konferensi pers, Minggu (5/4/2020) seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker kain. Namun, masker tersebut tidak digunakan dalam waktu panjang. Maksimal penggunaan masker kain 4 jam setelah itu harus dicuci dengan sabun.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan efektifitas masker kain memang lebih rendah dari masker medis namun tetap dapat mencegah penularan. “Efektifitas memang lebih rendah dari masker medis, tapi untuk perlindungan masyarakat umum, itu bermakna dan sudah dibuktikan di negara lain yang secara masal menggunakan masker,” ucap Humas IDI Halik Malik, seperti dikutip dari Detik.com.

Penggunaan masker kain diharapkan dapat menahan percikan air liur atau droplet. Sehingga, akan menghambat proses penularan virus corona. “Itu akan menghambat droplet, yang berpotensi menular kepada orang lain di sekitarnya. Itu istilah percikan ludah, itu kan ketika orang bicara, bernafas, batuk, bersin, ada itu sebetulnya ada droplet ikut bersamaan,” kata Malik.

Masker kain digunakan oleh masyarakat karena lebih mudah didapatkan, mudah diproduksi dan dibagikan. Masker kain juga dapat digunakan berulang setelah dicuci. “Masker medis tetap diprioritaskan untuk tenaga medis, karena jumlahnya yang sangat terbatas,” tandas Malik.

(Visited 450 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 6 April 2020
Close