Ditulis oleh 5:15 am KABAR

Sosialisasi Seminar Yayasan AR. Baswedan Kunjungi Redaksi KR

Pada seminar nasional Pemajuan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan, kerjasama Yayasan A.R. Baswedan dan DPD DIY IKA UNY, telah memunculkan suatu pemikiran tentang perangai Indonesia. Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA, menyebutkan…

Pada seminar nasional Pemajuan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan, kerjasama Yayasan A.R. Baswedan dan DPD DIY IKA UNY, telah memunculkan suatu pemikiran tentang perangai Indonesia. Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA, menyebutkan beberapa ciri dari Perangai Indonesia, yakni: (1) Beriman dan Bertaqwa; (2) Berakhlak Mulia; (3) Berilmu dan Bersikap Ilmiah; (4) Berperikemanusiaan dan Berperikeadilan; dan (5) Bermasyarakat dan Berkebangsaan.

Atas dasar itulah, Yayasan AR. Baswedan kembali mengangkat pemikiran tersebut, dengan lebih memfokuskan: (1) berusaha untuk kembali mendiskusikan konsepsi Perangai Indonesia tersebut, sedemikian rupa sehingga diperoleh gambar utuh, yang pada waktunya diharapkan dapat menjadi bagian dari haluan pendidikan; dan (2) berusaha untuk menemukan suatu metode atau cara bagaimana mengembangkan dan memperkuat, sehingga dapat menjadi unsur penting membangun manusia Indonesia.

Sedangkan seminar ini akan diadakan pada 10 Agustus 2019, bertempat di kampus Universitas PGRI Yogakarta. Dengan pembicara, yakni: (1) Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA, Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta, membahas tentang: Konsepsi Perangai Indonesia (2) Prof. Dr. Armaidy Armawi, M.Si., Guru Besar Universitas Gadjah Mada, membahas tentang: Strategi Pendidikan Penguatan Perangai Indonesia, (3) Prof. Dr. Musa Asy’arie, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta, membahas tentang: Peran Perguruan Tinggi Untuk Akselerasi Pembangunan Perangai Indonesia. Dengan moderator Dr. Taat Wulandari, Wakil Dekan I, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Menuju pada seminar ini, telah diselenggarakan dua kali Focus Group Discussion (FGD) untuk memperkuat substasi perangai Indonesia. FGD pertama diselenggarakan pada 11 Juli 2019 yang ikuti para akademisi kemudian FGD kedua dilaksanakan pada 30 Juli 2019 yang diikuti praktisi pendidikan, baik guru, kepala sekolah, dan dosen.

Dalam kesempatan ini, panitia hendak mengabarkan kepada publik luas, khususnya pendidik dan orang tua, bahwa seminar tersebut terbuka untuk umum, tidak ditarik biaya alias gratis dan panitia menyediakan sertifikat. Pendaftaran dibuka hingga 09 Agustus 2019. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengklik tautan berikut: www.bit.ly/perangai_indonesia, untuk informasi dapat menghubungi:  081227371107.

(Visited 29 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 24 Februari 2020
Close