30.3 C
Yogyakarta
18 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
KABAR

Sudah Saatnya Kita Bangkit

Sejak tahun 1924 di mana institusi pelindung kaum muslimin dan penegak syariat Islam dihancurkan, umat Islam hingga saat ini masih terpecah belah,terjajah dan ibarat buih di lautan.

Kezaliman masih menimpa umat Islam di berbagai sudut dunia. Berbagai fitnah keji masih dilabelkan kepada umat Islam. Termasuk juga yang dialami umat Islam di Indonesia.Padahal, tak sedikitpun syariat Islam mengajarkan demikian.

Bagaimana dengan 2020?

Meskipun saat ini, umat dan bangsa ini masih dilanda berbagai masalah, tetapi ingatlah bahwa umat Islam memiliki potensi besar untuk menghadapi masalah tersebut.

Apa saja potensi tersebut?

Pertama, jati diri sebagai muslim.

Ini adalah kunci keberhasilan. Jati diri ini harus semakin ditunjukkan kepada umat bahwa muslim dan Islam harus menjadi solusi, bukan sebaliknya menjadi sumber masalah.

Muslim harus menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik, saleh, akhlaknya terpuji. Bukan stigma seperti jorok, pembuat onar, dan sebagainya. Seorang muslim harus berpikir dan berperilaku sesuai ajaran Islam.

Kedua, ukhuwah Islamiyah.

Kita harus terus menjaga dan mempererat ukhuwah ini. Kita harus memperjelas siapa kawan, dan siapa lawan. Jangan sampai kita malah bermusuhan atau berselisih dengan saudara sesama muslim, apa pun harakah atau organisasinya.

Musuh bersama kita adalah para pembenci Islam dan negara-negara penjajah. Musuh bersama kita adalah pihak-pihak yang tidak menginginkan Islam tegak. Musuh bersama kita adalah ideologi sekularisme, pluralisme, dan liberalisme.

Ketiga, potensi ajaran Islam Kaffah

Kita semua memahami bahwa Islam dan syariatnya adalah solusi atas semua masalah manusia, tidak hanya bagi umat Islam tapi juga untuk umat agama dan kepercayaan lain.

Islam mampu memecahkan masalah pribadi manusia dan juga masyarakat secara komunal. Ajaran Islam itu luas, mulai dari masalah thaharah hingga masalah jihad.

Islam diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dengan seperangkat aturan untuk mengatur manusia mulai dari urusan ibadah hingga muamalah (urusan politik, hukum, ekonomi, pendidikan, dan sebagainya).

Kita harus menyampaikan bahwa Islam adalah kunci keberkahan hidup manusia. Bukan hanya baik, tapi juga berkah.

Penutup

Maka kita sebagai umat Islam harus selalu optimis bahwa umat dan bangsa ini pasti akan mampu bangkit dari keterpurukan ini.Dan kita harus yakin akan janji Allah bahwa umat Islam akan dimenangkan dan akan diberi kekuasaan sebagaimana firman Allah SWT :

وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ لَيَسۡتَخۡلِفَنَّهُمۡ فِي ٱلۡأَرۡضِ كَمَا ٱسۡتَخۡلَفَ ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِهِمۡ ٥٥

Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal salih di antara kalian, bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi, sebagaimana dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa (QS an-Nur [24]: 55).

Wallahu a’lam bishowab

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA