Ditulis oleh 9:34 am KALAM

Syukur Nikmat

Orang yang bersyukur senantiasa menisbatkan setiap nikmat yang didapatnya kepada Allah Ta’ala.

Syukur nikmat adalah menunjukkan adanya nikmat Allah SWT pada dirinya melalui lisan, hati, dan perbuatan. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.

Lawan dari syukur nikmat adalah kufur nikmat, yaitu enggan menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang ia dapatkan adalah dari Allah Ta’ala. Semua keberhasilan dan kemewahan harta yang dimiliki adalah hasil usaha pribadi semata, semisal Qarun yang dengan congkaknya berkata, “Sungguh harta dan kenikmatan yang aku miliki itu aku dapatkan dari ilmu yang aku miliki”. (QS. Al-Qashash, 28:78).

Adapun tanda-tanda orang yang pandai bersyukur adalah; Pertama, mengakui dan menyadari bahwa Allah SWT telah memberinya nikmat yang sangat banyak. Orang yang bersyukur senantiasa menisbatkan setiap nikmat yang didapatnya kepada Allah Ta’ala. Ia senantiasa menyadari bahwa hanya atas takdir dan rahmat Allah semata lah nikmat tersebut bisa diperoleh.

Sedangkan orang yang kufur nikmat senantiasa lupa akan hal ini. Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata, “Ketika itu hujan turun di masa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, lalu Nabi bersabda, ‘Atas hujan ini, ada manusia yang bersyukur dan ada yang kufur nikmat. Orang yang bersyukur berkata, ‘Inilah rahmat Allah.’ Orang yang kufur nikmat berkata, ‘Oh pantas saja tadi ada tanda begini dan begitu”. (HR. Muslim no.73).

Kedua, senantiasa menyebut-nyebut nikmat yang diberikan Allah SWT. Mungkin kebanyakan kita lebih suka dan lebih sering menyebut-nyebut kesulitan yang kita hadapi dan mengeluhkannya kepada orang-orang. “Saya sedang sakit ini.” “Saya baru dapat musibah itu..” “Saya kemarin rugi sekian juta rupiah.”, dan lain-lain.

Namun sesungguhnya orang yang bersyukur itu lebih sering menyebut-nyebut kenikmatan yang Allah berikan. Karena Allah Ta’ala berfirman; “Dan nikmat yang diberikan oleh Rabbmu, perbanyaklah menyebutnya” (QS. Adh-Dhuha, 93:11). Namun tentu saja tidak boleh takabur (sombong) dan ‘ujub (merasa kagum atas diri sendiri) yang akan membawa kepada kehancuran keimanan seseorang.

Ketiga, menunjukkan rasa syukur dalam bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Sungguh aneh jika ada orang yang mengaku bersyukur, ia menyadari segala yang ia miliki semata-mata atas keluasan rahmat Allah, namun di sisi lain melalaikan perintah Allah dan melanggar larangan-larangan-Nya.

Ia enggan shalat, enggan belajar agama, enggan berzakat, senang memakan hasil riba, dan lain-lain. Ini artinya antara pengakuan dan kenyataan sehari-hari sangat jauh berbeda. Allah Ta’ala berfirman, “Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya” (QS. Ali Imran, 3:123).

Ada beberapa tips agar menjadi orang yang selalu bersyukur kepada-Nya; yakni : Pertama, senantiasa berterima kasih kepada orang lain, sebagaimana Sabda Nabi SAW; “Orang yang tidak berterima kasih kepada manusia, berarti ia tidak bersyukur kepada Allah” (HR. Tirmidzi no.2081).

Kedua, merenungkan nikmat-nikmat Allah. “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur” (QS. An-Nahl, 16:78).

Ketiga, qana’ah; yakni senantiasa merasa cukup atas nikmat yang ada pada diri kita, dan Keempat, dzikrullah, mengingat Allah yang sebanyak-banyaknya merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Dzikrullah yang banyak akan menjadikan hati kita bersih dan penuh kesyukuran kepada Allah atas segala karunia serta kemurahan-Nya.

Semoga kita senantiasa digolongkan sebagai orang-orang yang selalu bersyukur kepada-Nya. Aamiin.

Baca juga: Menjadikan Zakat sebagai Pembersih dan Pengembang Harta

(Visited 88 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 10 September 2020
Close