Ditulis oleh 2:24 pm COVID-19

Tak Boleh Menyerah Hanya Karena Wabah

Mari kita tetap semangat karena bekerja bukan hanya untuk mencari materi, tetapi bermanfaat bagi orang banyak.

Dalam hidup ini, kita punya beberapa masalah. Tapi saat kau mengkhawatirkannya, kau justru menggandakan masalah tersebut . Saat jarum jam dinding berputar ke kiri, orang akan menganggapnya rusak dan membuangnya. Manusia pun tidak boleh menengok ke belakang, terus maju dan maju, melangkah ke depan. Kita tak boleh patah semangat karena saat kita dibenci, kita terus patah hati, itu bukan solusi.

Seperti saat-saat seperti ini banyak saudara–saudara kita yang kesulitan mencari uang karena terjadi wabah Virus Corona, padahal uang bukanlah tujuan hidup kita, uang hanyalah sebuah alat untuk bertahan hidup. Namun, ternyata dalam kehidupan itu, sekali roda berputar maka takkan habis perputarannya. Kita hanya perlu menikmati apa yang terjadi di dalam hidup, menyantap dengan bersyukur makanan apapun yang ada didepan mata, lalu hidup dengan tawa setiap harinya.

Semangat hidup melawan wabah didasari dengan sabar, karena sabar bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Sabar bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Sabar bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat. Semangat yang dibangun haruslah optimis walaupun, tiap orang bisa punya mimpi, tapi tak semua bisa bangkitkan semangat tinggi.

Tetap sabar, semangat, dan tersenyum. Karena wabah virus ini, kamu sedang diajari tentang ilmu Kehidupan. Allah menaruhmu di tempatmu yang sekarang bukan karena kebetulan sedang ada wabah karena Allah tahu, sukses berjalan dari satu cobaan dan dapan menjalani cobaan yang lain, tanpa kita kehilangan semangat. Semangat yang lemah buanglah jauh, jiwa yang kecil segera besarkan yakin percaya iman pun teguh wabah hadapi penuh harapan.

Banyak cerita yang menyedihkan, dari kehilangan pekerjaan, tidak bisa bertemu dengan keluarga, sampai tidak ada pemasukkan untuk kehidupan sehari-hari bagi keluarga. Rasa sedih saat melihat teman baik menangis ternyata bisa berubah menjadi semangat menggebu tiada tara. Rasa pilu melihat teman baik teraniaya, bahkan konon bisa mengubah seorang pengecut menjadi panglima perang. Kepedulian untuk memberikan semangat yang selalu ditunjukkan, kehancuran manusia yang paling berat adalah hilangnya semangat hidup karena tidak memiliki cita-cita untuk diraihdan pasrah dengan keadaan.

Sebagai manusia pastinya tak pernah lepas dari apa yang namanya cobaan hidup. Hal itu terkadang membuat hidup semakin sulit secara fisik dan mental. Layaknya sebuah roda kehidupan yang terus berputar, kita sering merasa masalah yang dihadapi begitu berat dan berpikir tak mampu melaluinya. Wabah ini bukan sesuatu yang harus membuat kita pesimis, semua kehendak yang maha Kuasa. Namun percayalah, segala hal di dunia ini tidak ada yang kekal.

Baca Juga:
Sikap Mukmin: Tetap Tenang dan Sabar Dalam Badai Ujian
Tukang Sayur

Semua akan berlalu, begitu juga dengan permasalahan hidup, permasalahan wabah. Agar masalah cepat teratasi dan tidak menjadi beban hidup, ada baiknya kita mencoba berpikir positif dan menjauhkan dari pikiran negatif. Meski terdengar sulit untuk dipraktikkan, namun berpikir positif ketika tertimpa masalah akan membuat kita dapat mengambil hikmah dari semua masalah yang kita alami. Bahkan ketika kita mampu berpikir positif dan jernih, kita mampu menemukan solusi terbaik dan cepat.

Terkadang kita membutuhkan motivasi dari orang-orang terdekat untuk membuat hidup kita semakin semangat. Setelah kamu mengganti pikiran negatif dengan yang positif, kamu akan mulai mendapatkan hasil positif. Kamu lebih kuat dari yang kamu tahu. Lebih cakap dari yang pernah kamu impikan. Dan kamu bisa melakukan lebih dari yang bisa kamu bayangkan. Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit. Janganlah pernah menyerah ketika Anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti mencoba.

Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda menjadi lebih seperti apa yang sekarang kita alami. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu, seberapa ganasnya wabah yang sedang kita hadapi. Jangan tanyakan pada diri Anda apa yang dibutuhkan saat ini. Bertanyalah apa yang membuat Anda bisa bertahan hidup, kemudian kerjakan. Karena yang dibutuhkan saat ini adalah orang yang antusias yang mampu mengatasi keadaan. Kadang ketika kamu berada di tempat gelap kamu pikir kamu telah terkubur, tetapi sebenarnya kamu telah ditanam untuk bisa hidup dan bekembang.

Marilah kita mulai semangat bekerja karena bekerja bukan hanya untuk mencari materi. Bekerja adalah bermanfaat bagi orang banyak. Saat kita masih diberi kesempatan bangun dipagi hari, itu berarti Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk melakukan pekerjaan yang harus kita lakukan. Jika kita diberikan umur yang panjang, maka manfaatkan untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya bermalas-malasan, jadikan hidup kita lebih bermakna dengan bekerja. Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Semakin keras kamu berusaha, semakin nikmat rasanya ketika kamu berhasil. Semakin awal kau memulai pekerjaan, semakin awal pula kau akan melihat hasilnya. Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu. Menjadi seorang yang produktif, bukan sekedar sibuk atau menyibukkan diri saja. kita raih kesuksesan untuk masa depan yang lebih baik karena Masa depan adalah milik mereka yang menyiapkan hari ini. “Jika kau menginginkan sesuatu dalam hidupmu yang tak pernah kau punya. Kau harus melakukan sesuatu yang belum pernah kau lakukan.

Terkadang seseorang membutuhkan penyemangat hidup ini untuk memotivasi diri karena rasa semangat itu datangnya dari diri kita masing-masing. Ketika kehilangan rasa semangat, kamu harus mencari cara agar mood tersebut berubah dan aktivitas tetap berjalan dengan baik. Rasa kesal ataupun kecewa itu wajar, yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa bangkit dan mempunyai semangat sehingga termotivasi kembali untuk maju mengalahkan wabah yang sedang terjadi.

Mulailah dengan lembaran baru yang lebih baik. Jangan banyak mengeluh dengan berbagai hal yang dilakukan apabila menemukan jalan buntu. Selalu diingat bahwa kekuatan tidak datang dari kemampuan fisik, tetapi datang dari semangat yang gigih. Perintahkan pada diri sendiri dan katakan bahwa aku mampu! Aku akan mengalahkan keraguan, rasa takut, perasaan minder, dan menukarnya dengan keberanian. Janganlah kehilangan rasa percaya diri, hanya karena komentar jiwa-jiwa kecil yang iri dan tak berujung, penyebar kebohongan, menebarkan ketakutan.

Perintahkan pada diri sendiri dan katakan bahwa aku mampu!

Hal pertama yang dibangun dalam diri untuk bisa menghadapi hari dengan semangat adalah menciptakan sebanyak-banyaknya pikiran positif. Man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Setiap fase yang kamu jalani harus bisa mendatangkan pelajaran untuk naik ke fase berikutnya. Untuk meraih sukses Senjata terbesar Anda adalah semangat hidup. Selalu jaga semangat itu jangan sampai padam. Masa depan yang cerah tidak pernah dijanjikan pada siapapun. Kamu harus mengejarnya sendiri. Ingatlah Ketika seseorang down atau terjatuh, yang dibutuhkan hanyalah semangat. Penyemangat hidup bisa menjadi salah satu pendorong untuk bisa bangkit dan membangun kembali mimpi dan harapan.

Apa yang kita inginkan saat wabah seperti ini melanda, yaitu kebahagiaan. Kebahagiaan datang ketika kita berhenti mengeluh tentang masalah yang kita hadapi, berterima kasih atas semua masalah yang tidak kita miliki. Panah hanya bisa dilepaskan dengan menariknya terlebih dahulu.

Ketika hidup menarikmu kembali, itu berarti kamu meluncurkan sesuatu yang luar biasa. Selama bisa diimpikan maka bisa diraih, selama mampu dibayangkan bisa diwujudkan, namun hidup itu kenyataan bukan hanya mimpi dan bayangan. Tidak ada yang akan berhasil kecuali kau melakukannya. Ubah hidupmu hari ini. Jangan bertaruh keadaan sekarang , bertindaklah sekarang tanpa menunda. Jangan pernah menyerah, karena ada tempat dan saat di mana ombak paling tinggi sekalipun akan berbalik arah.


Wabah bukan mematahkan tetapi memberi semangat baru


(Visited 289 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 12 Mei 2020
Close