TENTANG YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN

PIAGAM PENDIRIAN YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bahwa perjuangan A.R. Baswedan sebagai seorang Muslim merupakan perjuangan kebangsaan dalam garis menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran (QS, 3:110), yang bertujuan membawa bangsa kepada masa depan yang baru, yang bebas dari segala bentuk penjajahan dan mampu melahirkan kehidupan bersama sebagai bangsa merdeka mencapai cita-cita sebagaimana termuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Teladan A.R. Baswedan merupakan inspirasi, bahan pembelajaran dan sekaligus motivasi bagi siapa saja, untuk senantiasa meletakkan kepentingan bangsa dan negara jauh di atas kepentingan diri sendiri. Sejarah bangsa mengajarkan bahwa hanya dengan kemauan warga untuk berubah (QS, 13:11), maka perbaikan kehidupan bersama dapat dicapai. Arah dan kualitas perubahan, bergantung pada kesungguhan pengabdian (QS, 49:15) dan kemampuan dari warga.

Sebagai bangsa kita tidak mungkin terus-menerus mengandalkan sumberdaya alam, yang segera akan habis. Masa depan bangsa akan sangat ditentukan oleh kualitas manusia Indonesia. Atas kesadaran tentang pentingnya upaya meningkatkan kemampuan manusia Indonesia atau warga bangsa dan keharusan upaya bersama mencerdaskan kehidupan bangsa, serta dengan inspirasi jejak langkah perjuangan A.R. Baswedan, maka dibentuklah suatu organisasi (QS, 61:4) atau badan sosial kebangsaan, yang berbentuk Yayasan.

Jakarta, 23 Maret 2019 

(Visited 707 times, 1 visits today)
Last modified: 8 Juni 2020

Comments are closed.

Close