Ditulis oleh 12:24 pm COVID-19

Terima Kasih Tenaga Medis

“Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia” (Surah Al Maidah ayat 32)

Oleh: Prof. Dr. Ni’matul Huda, SH., M.Hum.

Umat muslim khususnya di Indonesia sedang menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan ditengah-tengah pandemi Covid-19. Ujian yang datang dari Allah SWT ini harus kita jalani dengan sabar, ikhlas dan tawakal.

Menyimak pemberitaan dari berbagai media, jumlah korban yang meninggal ataupun yang positif Covid-19 terus bertambah dalam jumlah yang mengkhawatirkan, di samping yang dinyatakan sembuh, tentu menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi kita sebagai individu maupun bagian dari anak bangsa. Jika pandemi Covid-19 tidak segera berhenti dan korban terus bertambah, tentu tenaga medis akan sangat kesulitan menanganinya karena jumlah tenaga medis sangat terbatas. Untuk itu, kita harus mentaati himbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan tinggal di rumah.

Kita patut memberikan penghormatan, penghargaan, dan dukungan yang sebesar-besarnya kepada bapak dan ibu tenaga medis yang berjuang di garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19. Dari keikhlasan, kesabaran dan ketabahan bapak ibu tenaga medis, kita menyertakan doa tulus ikhlas semoga semua perjuangan dan jasa bapak ibu tenaga medis menjadi amal ibadah yang kelak menyertai bapak ibu menuju surgaNya Allah SWT. Aamiin.

Al Qur’an Surah Al Maidah ayat 32 Allah berfirman: “Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia.”

Kemudian ada sebuah Hadis Riwayat Qadla’ie dari Jabir yang menyatakan “Sebaik-baik manusia ialah orang yang banyak bermanfaatnya (kebaikannya) kepada manusia lainnya.” Dari firman Allah SWT dan Hadis di atas menunjukkan betapa mulianya tugas bapak dan ibu tenaga medis dalam pandangan Allah SWT, membantu pemerintah untuk memberikan perawatan kepada para korban Covid-19, sebagai tugas negara.

Tidak ada kata yang pantas untuk saya sampaikan kepada bapak dan ibu tenaga medis selain terima kasih yang sedalam-dalamnya, seraya turut mendoakan dengan tulus semoga bapak dan ibu sekeluarga sehat wal afiat, sabar dan ikhlas menjalankan tugas mulia yang sangat berat ini. Kami akan mengenang jasa bapak dan ibu sebagai pahlawan bangsa. Semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan dan perlindunganNya. Aamiin. YRA.

Penulis adalah Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia


“Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia.”

(Surah Al Maidah ayat 32)


(Visited 157 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 27 April 2020
Close