15.3 C
Yogyakarta
18 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
COVID-19

Tetap Berkreasi Saat Pendemi

Covid-19 atau yang sering disebut corona telah berlangsung sejak tahun 2019 silam, dan hingga saat ini. Virus ini pertama kali ditemukan di China, lebih tepatnya di kota Wuhan pada Desember tahun 2019.

Organisasi kesehatan dunia menyatakan ini sebagai kesehatan masyarakat darurat. Pada bulan Januari, 6,27 juta kasus Covid-19 telah dilaporkan di lebih dari 188 negara dan terus bertambah hingga saat ini. Virus ini dapat menyebar terutama di antara orang-orang yang kontak langsung dengan orang lain dengan gejala batuk, bersin dan yang lainnya.

Virus Covid-19 memaksa kita untuk berkegiatan di rumah, dikarenakan karantina mandiri selama 14 hari. Juga karena diberlakukannya lockdown di seluruh wilayah tanah air guna untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Pandemi ini menyebabkan kesenjangan global, yang menyebabkan kekurangan pasokan bahan pangan. Hal ini diperburuk oleh diberlakukanya lockdown. Namun kondisi ini tidak serta merta untuk membuat kita tidak menjadi produktif.

Beragam aktivitas bisa kita lakukan dengan berolah raga, berkreasi, dan khususnya untuk menopang kebutuhan konsumsi di saat pandemi. Salah satunya kita dapat melakukan pertanian di pekarangan rumah kita, atau dengan budidaya hidroponik. Ini bisa menjadi rujukan untuk berkegiatan di saat lockdown. Kegiatan berkebun ini biasanya untuk penanaman mengunakan polybag. Untuk benih bisa beli di toko, sementara pupuk dapat diproduksi sendiri atau membelinya di toko.

Bayam menjadi salah satu tanaman yang sering dibudidayakan. Selain perawatanya yang mudah, masa panen bayam juga relatif pendek yaikni sekitar 3-4 minggu. Untuk perawatan bayam hanya perlu melakukan penyiraman 2 kali sehari dan mengecek UH dalam tanah apakah mencukupi atau tidak.

Hidroponik juga bisa direkomendasikan dalam penanaman di lahan sempit. Bahan dan alat yang dibutuhkan juga mudah dicari. Seperti botol untuk media tanam air sumbu dan yang lainnya. Pembuatannya juga relatif mudah. Cukup memotong bagian tengah pada botol bekas minuman, lalu dibalik. Bagian atas botol sebagai media tanamnya, bagian bawah botol di gunakan untuk wadah tempat air dan pupuk cair.

Ini adalah secuil kegiatan yang bisa dilakukan di saat pandemi corona. Tak lupa di saat pandemi, kita juga harus lebih rajin mencuci tangan. Hindari kontak langsung dengan seseorang, selalu pakai masker dan patuhi aturan pemerintah untuk tidak berkegiatan di luar rumah.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA