Ditulis oleh 2:00 pm KABAR

Tetap Bertani di Saat Pandemik

Petani adalah pejuang pangan dan pangan ialah soal hidup dan matinya bangsa.

Kebangkitan nasiaonal hadir untuk menjadikan bangsa yang selalu optimis dalam berbagai situasi apalagi disaat pandemik Covid-19. Optimisme tumbuh dengan kekuatan dan semangat dirisendiri. Kesatuan dan persatuan bangsa juga sangat penting. Sebagai bangsa yang baik kita seharusnya ikut ber peran aktif dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 seperti yang dianjurkan pemerintah. Tidak terkecuali untuk para petani.

Dengan adanya wabah seperti ini sebenarnya untuk para petani sendiri tidak terlalu dirugikan karena mereka tidak tergantung pada perusahaan atau suatu instansi tertentu sehingga tidak ada pemotongan gaji. Petani tetap mengolah sawah seperti biasanya karena mereka tahu akan selalu ada yang membutuhkan hasil panennya. Petani adalah pejuang pangan dan pangan ialah soal hidup dan matinya bangsa. Mungkin itu cara petani berkontribusi dalam penanganan Covid-19 dengan tetap menyediakan pangan seperti padi, sayuran, umbi dan lainnya. Masyarakat sebaiknya lebih selektif dalam membeli makanan atau lebih baik membuat makanannya sendiri dengan bahan dasar yang baik agar tubuh menjadi sehat dan kebal dengan virus.

Minat pemuda untuk menjadi petani sangat rendah padahal pemuda harus menjadi agen perubahan. Dengan sifat-sifat seperti semangat yang membara, inspirstif, inovatif, kreatif, melek teknologi informasi dan komunikasi. Dalam sektor pertanian sifat-sifat tersebut dapat membawa perubahan besar. Perekonomian suatu negara juga akan meningkat apalagi di Indonesia sendiri terkenal negara agraris.

Berharap pemerintah juga memikirkan hal tersebut dengan serius. Perubahan sektor pertanian yang terencana dengan baik akan meningkatkan nilai tambah produk pertanian dan menciptakan lapangan kerja baru terlebih di perdesaan sekaligus menahan laju urbanisasi. Konsolidasi lahan pertanian juga sangat penting guna mendorong pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan bisa terwujud. Dengan melakulan hal-hal tersebut sektor pertanian di Indonesian pasti akan maju dan bisa bersaing dengan negara-negara lain.

(Visited 13 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 20 Mei 2020
Close