Ditulis oleh 1:23 pm KABAR

Tetap Bertani, Walau Lahan Terbatas

Oleh sebab itu dengan penggunaan lahan sempit di sekitar rumah ataupun atap gedung dapat diubah menjadi sumber hasil pertanian bagi kita sendiri.

Di masa sekarang, lahan pertanian setiap tahunnya berkurang kuantitas dan kualitasnya. Dari sisi kuantitas, lahan pertanian berkurang karena beralih fungsi lahan menjadi tempat pemukiman dan industri. Pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin banyak menyebabkan lahan yang mulanya sebagai hutan atau lahan pertanian kemudian diubah menjadi tempat pemukiman warga dan industri non pertanian. Sedangkan dari sisi kualitasnya adalah berkurangnya tingkat kesuburan tanah untuk tanaman hidup karena penggunaan zat kimia yang berlebih.

Pada lahan pertanian yang sempit itu, kita dapat melakukan cocok tanam dengan sistem hidroponik, aquaponik atau vertikultur yang merupakan solusi dari terbatasnya lahan. Berubahnya lahan sebagai pemukiman menyebabkan kurangnya hasil pangan di negara kita ini. Oleh sebab itu dengan penggunaan lahan sempit di sekitar rumah ataupun atap gedung dapat diubah menjadi sumber hasil pertanian bagi kita sendiri. Pada lahan pertanian yang sempit tersebut dapat bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik, aquaponik atau vertikultur yang merupakan solusi lahan sempit.

Hidroponik dan aquaponik pada prinsipnya teknik yang digunakan hampir sama. Hidroponik adalah teknik budidaya yang menggunakan air campuran nutrisi sebagai sumber pertumbuhannya. Sedangkan aquaponik merupakan gabungan budidaya tanaman dan budidaya ikan. Pada teknik ini sumber nutrisi tanaman hanya menggunakan limbah ikan yang dialirkan ke tanaman untuk pertumbuhannya.

Teknik vertikultur merupakan teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam. Disusun secara bertingkat dengan teknik berdiri sendiri dengan menggunakan pipa paralon yang dilubangi dan planterbag yang dapat ditempel di dinding. dengan teknik vertikultur dapat menambah nilai estetika lahan pekarangan dan dapat sebagai variasi pelengkap tiang rumah.

Ketiga teknik budidaya tanaman ini sangat tepat digunakan pada tempat yang lahannya terbatas untuk bercocok tanam. Tanaman yang cocok untuk ketiga teknik ini adalah sayur-sayuran yang berusia pendek seperti selada, kangkung, sawi, bayam, dan tanaman sayur lainnya. Teknik pertanian ini merupakan salah satu bukti bahwa kemajuan teknologi dan pengetahuan juga sangat berperan dalam sektor pertanian.

(Visited 45 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 8 Juni 2020
Close