Ditulis oleh 10:40 am KABAR

Masyarakat AS Lelah dengan Pemimpin Yang “Itu-itu Saja”

Terpilihnya Donall Trump dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2016 menjadi salah satu penanda bahwa masyarakat Amerika telah lelah dengan pemimpin yang itu-itu saja namun disisi lain ada keengganan untuk mengubah sistem politik. Demikian disampaikan Ahmad Hanafi Rais, S.I.P., M.P.P Anggota DPR RI Fraksi PAN dalam diskusi buku Ambruknya Kredibilitas Demokrasi, Jum’at, 20 September 2019 di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan.

“Dalam buku ini demokrasi dikaitkan dengan kesejahteraan, korupsi, dan tren munculnya populisme. Saya melihat mungkin munculnya populisme warga dalam memilih pemimpin yang baru karena lelah melihat pemimpin yang itu-itu saja,” jelas Hanfi Rais.

Sehingga, lanjut Hanafi, masyarakat Amerika sudah lelah dengan pemimpin yang posturnya sama. Misi mungkin beda karena platform partai, numun jelas tidak dapat menghadirkan sosok pemimpin yang dapat menjawab keinginan politik mereka. Mereka tidak mau pemimpin yang pro pada wallstreet, yang jumlahnya cuma 1% dan menguasai 99% penduduk yang lain.

Dilain sisi, masyarakat Amerika juga tidak mau mengubah sistem politik yang ada. Mereka ingin pemimpin yang baru, tapi juga tidak ingin sistem politik berganti atau diubah drastis yang dapat meminggirkan mereka. “Awalnya mereka juga tidak percaya pada Trump, tapi mereka mau mencoba,” ujar Hanafi.

Selain Ahmad Hanafi Rais, pembicara lain yang hadir antara lain Prof. Dr. Bambang Cipto, MA (Guru Besar UMY sekaligus Penulis Buku), Dr. Siti Mutian Setiawati, MA (Dosen HI Fisipol UGM), Dr. Muhammad Khambali, SH., MH (Dosen Universitas Proklamasi 45), dan Fikry Fachrurrizal (Ketua Bidang Media dan Komunikasi DPD IMM DIY).

(Visited 5 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 17 April 2020
Close