Ditulis oleh 2:57 pm COVID-19

Upacara Sesaji Rajawedha Tolak Balak Virus Kologendheng

Diselenggarakan Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati Raja Mataram

Oleh: Dr. Purwadi, SS., M.Hum.

A. Tolak balak setelah tingalan dalem Jumenengan Raja Mataram

Upacara tolak balak untuk meredakan wabah virus kologendheng. Pelaksanaannya setelah pengetan jumenengan Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati. Pada masa pemerintahan Prabu Hadi. Terlebih dulu perlu ditelusuri sejarahnya. Hanyokrowati ini, kraton Mataram beribukota di Kotagede. Bratadiningrat (1990) meriwayatkan asalsilah Panembahan Hanyokrowati. Kutipan secara lengkap dalam bahasa Jawa adalah sebagai berikut: Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Prabu Adi Hanyokrowati Mataram 1601-1613 peputra:

  1. Pangeran Notopuro saking ampeyan
  2. Pangeran Selarong saking ampeyan
  3. G.R.AY. Wiryokusumo, saking ampeyan
  4. Pangeran Pringgoloyo, saking ampeyan.

Penobatan Prabu Hadi Hanyokrowati Menjadi raja Mataram berjalan mulus. Tak ada sengketa keluarga. Memang beliau berhak atas tahta. Nalika jaman semanten, para Pangeran manawi jumeneng anggentosi keprabon dalem Rama Nata, tamtu wonten ingkang mungel. Tunggangane sapa to? Wonten putra kakung saking Garwa Waskitho Jawi. Ingkang nanggel inggih ingkang ngiyati, ugi nama sesepuh, dados paran para Nata.

Kanjeng Pangeran Mangkubumi, Rayi Dalem Sinuwun Panembahan Senopati ingkang majeng ndhadhagi. Ngangkat R.M. Jolang Pangeran Adipati Anom jumeneng nata anggenteni Rama Dalem ingkang wus surud. Jumeneng wonten pasewakan kaliyan nantang putra sentana abdi dalem sarta kawula dalem sadaya.

Pangandikane: “Sak rupane wong Mataram kabeh sira padha neksenana yen Pangeran Adipati Anom samengko jumeneng Sultan, angganteni Ingkang Rama. Manawa ana wong kang masgul atine, sarta ora ngistokake, padha tekakna budimu ing saiki. Aku mungsuhe perang”.Ngendika mekaten punika mboten lelamisan. Inggih sampun sedhiya manawi wonten retuning Nagari. Punika nalika jumenengipun Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati ing Mataram ing taun 1601. Garwa Kanjeng Ratu Kilen mboten mbobot-mbobot. Lajeng krama angsal putrinipun Adipati Benawa. Sultan Prabu Wijaya ing Pajang.

Panembahan Senopati Ngalageku
Dene Pangeran Benewa namung.
Pangeran sesebutanipun.
Sinung pangkat Adipati.
Ing Pajang peputra wadon.
Warni ayu cahya anuksmeng sitengsu.
Anama Dyah Banowati.

Dhaup lawan, jeng Sinuwun
Prabu Adi Hanyokrowati
Seda Krapyak parab Katong.
Sang Dyah ayu lajeng sinungan jejuluk.
Prameswari Ratu Adi.
Peputra Jeng Sultan Agung.
Ingkang jumeneng Narpati.
Buyut Sultan Pajang yektos.

Kanjeng Ratu Lungayu lajeng kagungan putra kakung Pangeran Martopuro, kaliyan Kanjeng Ratu Sekar. Nalika Rama Dalem seda, Raden Mas Jatmika Sultan Agung sampun yuswa 20 tahun. Raden Mas Wuryan Martopuro sawek yuswa 8 taun. Nama tasih timur dereng dewasa. Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun jumenengipun mboten dangu dados mboten wonten ewah-ewahan punapa, ing nagari Mataram, bebedhak wonten wana Krapyak lajeng surut. Pramila karan Sinuwun Seda Krapyak. Sumare wonten Astana Kota Gedhe ngandhapipun Rama Dalem (Bratadiningrat, 1990).

Jasa Panembahan Seda Krapyak dalam bidang kebudayaan adalah berusaha untuk menyusun sejarah negeri Demak, dan penulisan beberapa kitab suluk (Ricklefs, 1974: 14). Pada zaman Sinuwun Sekar Seda Krapyak, ditulis naskah Suluk Wujil dengan angka tahun 1607 Masehi dan Serat Nitisruti 1612 Masehi. Suluk Wujil yang berisi wejangan mistik Sunan Bonang kepada abdi kekasih raja Majapahit yang bernama Wujil. Serat Nitisruti karya Pangeran Karanggayam yang berisi tentang tuntutan budi pekerti luhur dan kandungan mistik. Sastra piwulang nanti berkembang pada masa kapujanggan Karaton Surakarta Hadiningrat dengan sangat megah. Dengan tujuan untuk mangasah mingising budi, memasuh malaning bumi.

B. Memuliakan derajad tradisi leluhur Mataram

Bobot silsilah dari ibunya juga sangat kuat. Ibunya bernama Dyah Waskitho Jawi. Putri cantik ini anaknya Ki Ageng Penjawi. Beliau termasuk pembesar dan penasihat utama raja Pajang. Bumi Pati dihadiahkan kepada Ki Ageng Penjawi oleh Sultan Hadiwijoyo. Ayah Ki Ageng Penjawi adalah Ki Ageng Ngerang. Bagi masyarakat Pati Ki Ageng Ngerang dan Nyi Ageng Ngerang adalah pepundhen kang pinundhi pundhi. Pada masa hidupnya, Ki Ageng Penjawi menjadi tokoh yang dihormati oleh Sunan Prawoto dan Ratu Kalinyamat. Bangsawan Demak ini berpengaruh besar atas lintasan sejarah Kerajaan Pajang dan Mataram. Keduanya termasuk sumber legitimasi kekuasaan.

Leluhur kerajaan Mataram mewariskan berbagai upacara tolak balak. Untuk kita perlu mengetahui latar belakang raja Mataram yang kedua tahun 1601 – 1613. Gusti Raden Mas Jolang sudah dinobatkan menjadi raja Mataram. Bergelar Kanjeng Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati Khalifahtullah Panetep Panotogomo. Beliau dari sisi genetis memang trahing kusumo rembesing madu.

Pemerintahan Prabu Hadi Hanyokrowati menganut sistem legal formal. Kekuasaan eksekutif diserahkan kepada Pepatih dalem. Perdana menteri ini dipegang oleh Patih Mondoroko, anak Ki Ageng Karotangan. Asalnya dari Paremono Muntilan Magelang. Patih Mondoroko diasuh sejak kecil oleh Ki Ageng Juru Martani. Sedangkan Ki Ageng Juru Martani adalah putra Ki Ageng Wonosobo. Jalurnya ke atas adalah Ki Ageng Selo, Ki Ageng Tarub, Dewi Rosowulan dan Bupati Wilwotikto Tuban.

Pemisahan kekuasaan dalam sistem kerajaan Mataram tertata rapi. Bahkan pada tahun 1904 muncul lembaga legislatif di Kraton Surakarta Hadiningrat. Ketua Lembaga legislatif atau Dewan Kraton dipegang oleh KGPH Hangabehi. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Patih Sosrodinginrat. Tata pemerintahan ini terjadi pada masa Sinuwun Paku Buwono X. Raja tak pegang kekuasaan politik dan ekonomi. Keberadaan raja sebatas kepemimpinan simbolis untuk melakukan ritual Kenegaraan. Sistem yang ideal ini sebaiknya diteruskan pada masa sekarang. Pemerintah kerajaan Mataram berhasil memberi contoh tata praja yang bersih dan berwibawa.

Kepatihan Mataram setelah Patih Mondoroko diteruskan oleh Patih Sindurejo. Pemegang eksekutif Mataram ini orang yang terlatih, cakap dan mumpuni tentang seluk beluk pemerintahan. Pejabat eksekutif Mataram menguasai bahasa Jawa, sansekerta, Melayu, China dan Arab. Diplomasi dengan bangsa asing dilakukan demi kewibawaan Mataram. Kapabilitas dan integritas pejabat kepatihan teruji di lapangan. Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati mendukung penuh sistem birokrasi Mataram yang efektif dan efisien.

Ayahnya adalah Panembahan Senopati, raja pertama dan pendiri kerajaan Mataram. Kakeknya adalah ahli siasat Kenegaraan, Ki Ageng Pemanahan. Jasanya luar biasa pada kerajaan Pajang. Ki Ageng Pemanahan putra Ki Ageng Enis, seorang pertapa yang gentur tapane mateng semedine. Ki Ageng Enis keturunan Ki Ageng Selo, tokoh sakti mondroguno. Beliau dianggap pelindung para petani, karena bisa menangkap petir. Ki Ageng Selo adalah putra Getas Pendowo, anak Nawangsih yang menikah dengan Lembu Peteng atau Bondan Kejawan. Nawangsih anak Dewi Nawangwulan yang menikah dengan Ki Ageng Tarub. Lembu Peteng sendiri anak raja Majapahit Sinuwun Prabu Brawijaya V.

C. Japa mantra upacara tolak balak

Pada tahun 1605 kerajaan Mataram dirundung pageblug mayangkara. Ada wabah penyakit menular akibat virus kologendheng. Rakyat Mataram mengalami kesengsaraan. Pagi sakit, sorenya meninggal. Sore hari badannya sehat, paginya jadi layatan. Air mata bercucuran. Waspo kumembeng sakjroning kalbu.

Kanjeng Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati segera tungan. Atas nasihat Pangeran Mangkubumi, dibentuk tim yang bertugas meredam virus menular. Pangeran Purboyo yang menguasai soal kesehatan ditunjuk sebagai ketua tim. Anggaran sepenuhnya ditanggung Kraton Mataram. Tim medis terdiri para ahli jamu, peneliti obat, tabib berpengalaman. Sebagian ahli penyakit menular didatangkan dari Persia, Hindustan dan Tiongkok. Tim medis bekerja cermat dan tepat. Prabu Hadi Hanyokrowati percaya sepenuhnya. Beliau tidak mau campur tangan, walaupun hanya komentar. Wabah penyakit menular jangan digunakan untuk mencari popularitas. Saru. Saru. Saru. Tidak pastas menari di atas penderitaan sesama. Sang Prabu tahu dan menjunjung tinggi etika profesi.

Kukuse dupa kumelun. Ngeningken tyas tyas sang apekik. Kawengku sagung jajahan. Nanging sanget angikibi. Sang Resi Kanekaputra. Kang anjog saking wiyati. Pelaksanaan upacara sesaji Rajawedha dengan menanam kepala kerbau bule. Lambang mengubur kebodohan yang menjadi kegelapan dunia. Tanduk, kuku, bulu kebo bule dilarung di bengawan Solo. Lambang lenyapnya pageblug mayangkara.

Ana kanung saka wetan. Nunggang gajah telale elar singgih. Kullahu barang balikul. Setan lan brekasakan. Amuliha mring tawang tuwang prajamu. Iblis setan keri karang. Rahman kulhu bolak balik.

Upacara sesaji Rajawedha dilaksanakan pada hari kamis pahing, 20 Juli 1605. Tata cara dipimpin Pangeran Puger, ahli sosial keagamaan Mataram. Pagi harinya diselenggarakan wilujengan negari. Doanya dengan mantra Hindu, Budha dan Islam yang dibaca oleh Kyai Penghulu Masjid Kotagedhe. Peserta terdiri dari utusan per kabupaten. Mereka busana Kejawen jangkep. Untuk menambah kekhusukan doa, ditabuh gendhing ganda mastuti laras pelog pathet nem. Syair dikutip dari serat Nitisruti karya Pangeran Karanggayam, pujangga Kraton Pajang.

Keseimbangan hidup dijaga benar oleh Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati. Leluhurnya memberi metode ritual untuk tolak balak. Virus kologendheng memang bahaya. Tapi tak perlu cemas berlebihan. Para bupati pesisir dan Bang Wetan diajak untuk melakukan upacara sesaji Rajawedha. Tempatnya Wana Krendha Wahana. Dipercaya tempat ini adalah Kahyangan Dewi Uma atau Sang Hyang Pramoni. Sebagian menyebut Sang Hyang Kala Yuwati. Beliau adalah ratu widodari yang menguasai sekalian makhluk halus.

Japa mantra yang dibaca saat upacara sesaji Rajawedha ternyata mujarab. Wabah virus kologendheng lenyap. Kerajaan Mataram berhasil mengatasi masalah virus menular. Masyarakat hidup ayem tentrem lahir batin. Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati suka sukur dengan dana rasa. Warga kerajaan Mataram yang kurang mampu diajak kembul bujana andrawina.

Persembahan untuk hari pendidikan nasional….

(Visited 259 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 5 Mei 2020
Close