Wajah Baru T-Rex: Menawan dan Rileks?

Hal ini menunjukkan bahwa banyak hal yang selama ini dipahami tentang yang telah lampau, sesungguhnya tidak pernah mencapai pengetahuan final.

Pernahkah mendengar nama T-Rex? T-Rex merupakan nama singkatan dari dinosaurus Tyrannosaurus Rex atau “Kadal Tiran” (“Raja Kadal Bengis”), merupakan salah satu dinosaurus paling ikonik yang terkenal karena penggambaran dari film-film seperti Jurrasic Park, yang menggambarkan T-Rex sebagai reptil besar yang menyeramkan. Namun temuan para ilmuwan baru-baru ini mungkin akan mengubah cara pandang kita terhadap si Raja Bengis ini.

Berbulu

Ketika kita berbicara tentang dinosaurus, yang terbesit di benak adalah reptil raksasa yang serupa dengan kadal, cicak, atau buaya yang hidup berjuta-juta tahun yang lalu. Namun ilmuwan belakangan ini menemukan bahwa beberapa dinosaurus, termasuk T-Rex, sebenarnya jauh berbeda dari gambaran reptil besar dari film tersebut, yaitu mereka ditutupi oleh bulu, layaknya burung. Dalam situs earth, dituliskan bahwa Tyrannosaurus Rex adalah predator dominan di Bumi selama periode Cretaceous akhir antara 68 juta dan 66 juta tahun yang lalu, tepat sebelum dinosaurus musnah.

Dari sekian banyak hal baru yang ditemukan, paleontologi mengatakan bahwa predator besar tersebut sebenarnya datang dari “makhluk kecil” seukuran kalkun. Para ilmuwan juga menyimpulkan bahwa T-Rex dewasa tidak hanya ditutupi sisik, tetapi juga memiliki bulu di kepala, leher, dan ekornya. Sejauh ini, T-Rex selalu digambarkan memiliki warna kusam, layaknya buaya atau komodo, namun pada pameran di American Museum of Natural History (AMNH) ditunjukan bahwa T-Rex kemungkinan memiliki warna cerah seperti beragam reptil yang kita lihat hari ini.

Berbeda Dari Dugaan Awal

Tidak hanya bulu, ilmuwan juga menemukan hal baru berkaitan dengan cara mereka bergerak. Ditulis di situs sciencedaily, dikatakan bahwa menurut analisis baru, kaki yang lebih panjang dikaitkan dengan kecepatan yang lebih tinggi bagi dinosaurus berukuran kecil dan menengah, akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk dinosaurus dengan berat lebih dari 2.200 pound. Ilmuwan mengetahui bahwa ukuran tubuh yang lebih besar dapat membatasi kecepatan, dan penelitian menunjukkan bahwa spesies dinosaurus besar dengan kaki yang lebih panjang tidak lebih cepat daripada kerabat mereka yang bertubuh gemuk. Tetapi mereka bergerak lebih efisien.

Dengan menghitung berapa banyak energi yang dikeluarkan masing-masing dinosaurus sambil bergerak dengan kecepatan berjalan, para peneliti menemukan bahwa di antara dinosaurus terbesar, mereka yang memiliki kaki lebih panjang membutuhkan lebih sedikit energi untuk berjalan, yang menurut ilmuan sebenarnya sangat membantu mengingat predator cenderung menghabiskan banyak waktu untuk mencari mangsa, sehingga kaki panjang dapat membantu menghemat tenaga ketika sedang mencari mangsa. Penelitian ini menekankan bahwa terdapat kemungkinan bahwa predator seperti T-Rex tidak menggunakan kaki mereka untuk berlari mengejar mangsa, namun berjalan untuk mencari mangsa.

Mereka juga menemukan bahwa kehidupan T-Rex tidaklah mudah. Mayoritas dari bayi T-Rex tidak dapat bertahan hidup, dan memiliki setidaknya 60 persen kemungkinan untuk terbunuh karena kelaparan, penyakit, atau pemangsa. T-Rex dewasa juga memiliki hidup yang pendek. Dituliskan bahwa T-Rex tertua yang diketahui hanya hidup sampai usia 30 tahun. Masih banyak yang dapat dipelajari dari makhluk menakjubkan ini yang awalnya dilihat sebagai reptil pemakan daging besar mengerikan, ternyata dapat dilihat sebagai makhluk lebih “menawan”, dengan bulu berwarna dan bergerak dengan berjalan rileks. Hal ini menunjukkan bahwa banyak hal yang selama ini dipahami tentang yang telah lampau, sesungguhnya tidak pernah mencapai pengetahuan final. Riset baru dapat membuka kemungkinan baru, dan tentu dapat mengubah pandangan kita. Bahkan sangat dimungkinkan kita dapat menemukan berbagai macam hal baru yang mungkin dapat membuat kita tergirang-girang ketika menemukannya.

(Visited 46 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020